Kembangkan Moda Otonom, Scania Masih Gunakan Bahan Bakar Nabati Terbarukan

0
Scania AXL. Sumber: automobilemag.com

Sudah lebih dari 100 tahun yang lalu, mobil muncul di tengah-tengah masyarakat sebagai moda pengangkut penumpang dan barang. Perkembangan jaman berjalanan beriringan dengan waktu tak pelak menghadirkan evolusi pada kendaraan beroda empat ini. Beragam inovasi hasil buah pemikiran orang-orang jenius di luar sana juga sudah dapat Anda temukan di mobil-mobil modern, mulai dari safety belt, air bag, AC, hingga sistem hiburan yang serba komplit.

Baca Juga: Antara Fakta dan Mitos Pada Penerapan Mobil Otonom

Roda waktu pun tidak bisa dihentikan, dan perkembangan menuju moda transportasi yang lebih kompatibel di masa yang akan datang kini mulai digalakkan oleh beberapa industri. Moda otonomlah yang agaknya akan mengambil porsi besar di ranah transportasi masa depan, dimana seperti yang sudah diketahui bersama, sejumlah manufaktur terkemuka seakan berlomba-lomba untuk menciptakan kendaraan yang dapat beroperasi mandiri ini.

Kabar mengenai moda tanpa kabin kemudi ini kini datang dari manufaktur otomotif asal Swedia, Scania – dimana pihak perusahaan memulai debut truk otonom perdananya yang bertajuk Scania AXL. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman cnet.com, debut truk otonom Scania AXL ini berlangsung pada Selasa (24/9) kemarin, dimana truk menjajal aspal tanpa membawa penumpang.

Pasca sukses melakukan debutnya ini, pihak Scania agaknya enggan untuk mengumbar apa manfaat dari moda ini jika kelak sudah memasuki masa layanan, namun saatu yang pasti, Scania mengatakan bahwa Scania AXL ini mudah untuk bermanuver – baik di jalan maupun di lokasi konstruksi.

“Situs konstruksi memang menjadi lokasi yang tepat untuk menguji kendaraan otonom karena jauh dari ruang publik dan relatif lebih aman,” tutur salah satu pihak Scania.

Pihak Scania menggambarkan, moda semacam ini diperkirakan tidak hanya memudahkan pekerjaan konstruksi saja, melainkan juga sektor transportasi.

Namun, ada satu kelemahan di balik moda yang didominasi oleh warna oranye dan berbadan kekar ini, yaitu Scania AXL masih menggunakan pembakaran internal – tidak seperti moda otonom lain yang hampir semuanya sudah bertenaga listrik.

Baca Juga: Kendati Futuristik, Namun Masih Banyak yang Meragukan Pod Otonom

“Bahan bakar nabati terbarukan yang digunakan oleh Scania AXL akan memperkuat kendaraan konstruksi otonom,” tukasnya.

Namun tidak menutup kemungkinan jika Scania akan menggunakan tenaga listrik guna menggerakkan Scania AXL di kemudian hari, mengingat moda ini masih menyandang status sebagai moda kembangan.

Leave a Reply