Kembangkan Self-Driving Pod Sejak 2016, Yamaha Motor dan Sony Siap Rilis Dalam Waktu Dekat

0
SC-1. Sumber: newatlas.com

Gambaran tentang moda transportasi di masa yang akan datang mulai bermunculan belakangan ini, mulai dari drone otonom, skuter listrik pintar, hingga self-driving pod. Berbicara soal self-driving pod, agaknya di luar sana masih banyak pihak yang meragukan keandalan dari moda bertenaga listrik dan dapat ‘bermanuver’ sendiri ini. Kendati begitu, respon masyarakat terhadap moda sejenis self-driving pod ini tidaklah menyurutkan minat perusahaan untuk terus mengembangkannya – malah semakin tertantang untuk menyajikan yang terbaik kelak.

Baca Juga: Kendati Futuristik, Namun Masih Banyak yang Meragukan Pod Otonom

Sama halnya seperti Yamaha Motor yang bekerja sama dengan Sony dalam mengembangkan self-driving pod yang diberi nama SC-1. Kendaraan yang menggabungkan teknologi mengemudi otonom milik Yamaha Mototr dan sistem hiburan milik Sony ini digadang-gadang akan membawa nuansa mobilisasi yang baru terhadap masyarakat. SC yang merupakan singkatan dari Sociable Cart ini dikabarkan menggunakan beragam teknologi mutakhir yang menjamin keamanan dan kenyamanan para penggunanya.

Seperti yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman newatlas.com (22/8), SC-1 ini menggunakan kamera, sensor ultrasonik dan Light Detection and Ranging (LIDAR) sebagai panduan navigasi utamanya. Untuk gambaran apa yang ditangkap kamera di luar moda, Sony menggunakan layar 4K 49 inci dan lima monitor 4K 55 inci untuk menampilkan situasi di luar moda. Ada kemungkinan Sony akan menampilkan sejumlah video pilihan dan layanan iklan – dimana ini akan menjadi sumber pendapatan mereka via iklan di dalam moda.

Bagi Anda takut jika dibawa ngebut oleh pengemudi, maka SC-1 merupakan moda yang sangat cocok bagi Anda, karena kendaraan yang berbentuk kotak dan dilengkapi dengan empat roda ini hanya melaju di kecepatan maksimum 19km/jam saja.

Pun dengan fitur rem cakram hidrolik yang tersemat di keempat roda, suspensi wishbone ganda di bagian depan dan suspensi link type yang ada di belakang bakal menjadi instrumen tambahan guna menjamin keselamatan dan keamanan Anda ketika berkendara.

Baca Juga: Pod Otonom: Upaya Greenwich Kurangi Tingkat Polusi

Belum jelas kapan moda ini akan mulai mengambil bagian di jalanan, namun agaknya masih butuh banyak waktu untuk membuktikan keandalan dan keamanannya sampai sertifikasinya ‘turun’. Namun satu yang pasti, kendaraan ini sudah dikembangkan sejak tahun 2016 silam. Jadi seharusnya, sudah matang dan siap untuk beroperasi, ya!

 

Leave a Reply