Kena PHK, Eks Pilot Qatar Airways Sukses Buka Kafe Bertema Penerbangan

0
Alexander Torres saat memamerkan salah satu produk dari kafe bertema penerbangan miliknya. Foto: Alexander Torres

Pandemi virus Corona membuat banyak kehidupan orang-orang di dunia mendadak berputar 180 derajat; tak terkecuali pilot, yang dalam keadaan normal, memang identik dengan segala hal yang mewah.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Hidup, Dua Pilot Indonesia Alih Profesi Jadi Pedagang Mie Ayam dan Kopi Keliling

Sudah banyak kisah pilot di seluruh dunia luntang-lantung hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, mulai dari pilot alih profesi menjadi tukang gorengan, jadi pengemudi ojek online, tukang antar paket, tukang bangunan, jadi pedagang mie ayam, sampai menjadi pedagang kopi keliling.

Meski demikian, tak sedikit dari pilot yang di-PHK tetap berhubungan dengan dunia penerbangan, namun alih profesi menjadi pebisnis kafe atau kuliner. Salah satunya pecatan pilot Qatar Airways, Alexander Torres.

Pilot asal Perancis yang bermukim di Irlandia Utara itu awalnya sempat down pasca terkena PHK massal. Padahal, hasratnya di dunia penerbangan sedang tinggi-tingginya. Dengan sisa tabungan yang dimiliki, sambil terus menyalurkan hobinya di bidang penerbangan, tercetuslah ide untuk menjajal bisnis kuliner dengan membuka kafe bertema penerbangan, Flight7.

Kafe yang terletak di ibu kota Irlandia Utara, Belfast, tersebut merupakan kafe atau restoran dengan tema penerbangan pertama di sana.

Kafe yang terletak di Belmont Road tersebut menyajikan makanan dan minuman khas Perancis -utamanya makanan yang dibakar- dan chefnya ialah Torres sendiri. Orang Perancis memang terkenal gemar memasak dan ia pun demikian. Karenanya, ketika ia khawatir tak ada lagi kesempatan menjadi pilot di beberapa bulan atau tahun mendatang, sedangkan hidup tetap terus berputar, ia langsung terpikir untuk membuka restoran.

Sebelum mulai membuka restoran secara fisik, seperti laporan belfastlive.co.uk, Torres sempat memulai bisnis kuliner secara online. Meskipun mendapat cukup respon, namun, tetap saja pelanggan ingin tahu wujud restoran secara fisik. Dari situlah ia memberanikan diri untuk membuka restoran.

“Saya mulai (bisnis kuliner) dengan melakukan pengiriman secara online -memasak dari rumah dan mengantarkannya- tetapi itu tidak terlalu sukses, karena pelanggan perlu tahu di mana Anda berada,” jelasnya.

Baca juga: Viral! Mantan Pilot Kerja Serabutan Jadi Tukang Antar Paket dan Kuli Bangunan Usai Dipecat

“Kemudian saya menemukan tempat yang sangat bagus di Belmont Road pada tahun 2020, jadi saya berpikir, ‘Ah, saya akan membuka kafe di sini.’ Belmont Road memang lumayan terkenal dengan kafe-kafenya, jadi ada sedikit persaingan, karena itu, saya memutuskan ide baru, yaitu membuka kafe bertema penerbangan,” tambahnya.

Pasca lulus dari sekolah penerbangan, Torres mendapat tawaran menjadi pilot di Aer Lingus dan ditempatkan di Belfast. Setelahnya ia pindah ke Ryanair dan berlanjut ke Qatar Airways selama beberapa tahun sebelum akhirnya terkena PHK.