Viral! Mantan Pilot Kerja Serabutan Jadi Tukang Antar Paket dan Kuli Bangunan Usai Dipecat

0
Patrick Pawelczak banting setir dari pilot menjadi pekerja serabutan tukang antar paket Amazon dan tukang bangunan. Foto: Linkedin Patrick Pawelczak

Sebelum wabah virus Corona menyebar dan menggulung industri penerbangan global, kehidupan pilot identik dengan kemewahan. Tetapi, pasca Covid-19 menyebar, industri penerbangan jatuh ke titik terdalam, dan pilot dimana-mana di-PHK, kehidupan mereka pun berubah 180 derajat. Seperti yang dialami oleh Patrick Pawelczak.

Baca juga: Penuhi Kebutuhan Hidup, Dua Pilot Indonesia Alih Profesi Jadi Pedagang Mie Ayam dan Kopi Keliling

Dilansir expatmedia.net, pilot asal Sant Andreu de Llavaneres, Barcelona, Spanyol, tersebut tercatat sudah sejak 2018 lalu bekerja di salah satu maskapai charter Slovakia, Go2Sky. Sebelum dipecat, tanda-tanda akan hal itu sudah ada, dimana, ia hanya terbang tak lebih dari 700 jam. Sangat kecil bila dibandingkan ribuan jam terbang dalam kondisi normal.

Sudah begitu, keuangan maskapai juga terlihat mulai tak sehat dengan adanya berbagai pengurangan, baik pengurangan karyawan maupun pengurangan budget operasional. Benar saja, ia pun akhirnya harus merelakan profesi pilot yang sudah dijalaninya selama dua tahun usai surat pemecatan atas dirinya sampai.

Kendati pun mengaku terpukul, ia hanya menyadari bahwa hidup harus terus berjalan. Ia harus tetap memenuhi kebutuhan hidupnya, tak peduli bagaimanapun caranya. Pada akhirnya, ia pun menemukan jalan hidupnya usai di-PHK sebagai pilot dan banting setir menjadi tukang kuli bangunan sekaligus tukang antar paket.

Tak disebutkan dengan jelas bagaimana ia mengatur dua profesi itu sekaligus. Dalam postingannya di LinkedIn, ia hanya menulis “Beginilah seragam saya, berubah selama setahun terakhir,” sambil mengunggah sebuah foto grid saat masih menjadi pilot, ketika tukang bangunan, dan tukang antar paket. Besar kemungkinan, ia menggarap manapun yang lebih dahulu datang antara dua job itu,

Akan tetapi, siapa sangka, postingannya itu pun viral. Sampai saat ini, postingannya sudah tayang 15 juta kali, mendapat 500 ribu like, dan 13 ribu komentar. Rata-rata dari mereka berkomentar positif dan menganggap apa yang dilakukan mantan pilot -yang terakhir kali ada di posisi first officer atau co-pilot Boeing 737- itu sebagai sebuah inspirasi bagi ribuan pilot yang saat ini sedang menganggur dan bingung melanjutkan hidup.

Baca juga: Covid-19 Bikin Pilot Banyak Nganggur! Masihkah Jadi Profesi Idaman?

“Ya, hidup itu sulit -terutama saat ini- tetapi itu bukan alasan untuk menyerah. Kami harus berjuang – untuk diri Anda sendiri dan untuk keluarga kami,” katanya, menaggapi komentar netizen.

Kendati sudah nyaman banting setir dari pilot menjadi tukang bangunan dan tukang antar paket Amazon, Patrick Pawelczak masih membuka diri terhadap seluruh tawaran pekerjaan, baik sebagai pilot, co-pilot, dan flight instruktur.

Leave a Reply