Keren, 43 Unit Airbus A380 Emirates Pakai Livery Dubai Expo 2020, Tiga di Antaranya Warna-warni

0
Pesawat Airbus A380 Emirates dengan livery Dubai Expo 2020. Foto: Emirates

Emirates turut memeriahkan gelaran Dubai Expo 2020 pada Oktober 2021 sampai Maret 2022 mendatang dengan meluncurkan livery unik berwarna-warni. Tak tanggung-tanggung, maskapai yang berbasis di Dubai, Uni Emirat Arab ini mengerahkan 43 pesawat Airbus A380 ikoniknya.

Baca juga: Memukau, ‘Sosok’ Airbus A380 Emirates Jadi Ladang Bunga Terbesar di Dubai

Strategi maskapai dalam terkait livery pesawat memang berbeda-beda. Beberapa maskapai cenderung menghindari penggunaan livery tertentu dan memilih main aman dengan mempertahankan livery khasnya. Tetapi, beberapa maskapai lainnya justru gemar mengenakan livery khusus pada pesawat di momen-momen tertentu, salah satunya Emirates.

Saking gemarnya maskapai nasional kerajaan Dubai ini mengenakan livery spesial pada pesawat, tercatat, sudah 50 desain unik di 100 pesawat dilakoni maskapai dalam lima tahun terakhir. Tergolong tinggi dibanding maskapai lainnya, yang hanya mengenakan livery khusus pada perayaan ulang tahun maskapai dan hari kemerdekaan negara (untuk flag carrier).

Dilansir Simple Flying, dari 43 livery Dubai Expo 2020 di pesawat Airbus A380 Emirates, hanya tiga pesawat yang dicat dengan livery sangat mencolok. Dari tiga pesawat, satu di antaranya sudah rampung.

Pesawat tersebut diketahui terdaftar sebagai A6-EEU. Setidaknya ada delapan warna dasar pada livery eksotis A380 Emirates itu; mulai dari biru tua, biru muda, ungu, oranye tua, oranye muda, hijau, merah, dan putih.

Butuh 16 hari dan 4.379 jam kerja untuk menyelesaikan proses pengecatan pesawat; mulai dari masking, sanding or stripping, cleaning, priming, appoint to coat, sampai remove masking sebagai akhir dari tahapan pengecatan pesawat.

Dari 43 livery Dubai Expo 2020 Emirates, hanya tiga yang menggunakan livery nyentrik. Sisanya hanya menggunakan livery seperti di foto ini. Foto: Dubai Expo 2020

Selain itu, melengkapi livery berwarna-warni Emirates dalam menyambut Dubai Expo 2020 mendatang, terdapat juga gambar bertuliskan seorang pramugari yang memegang kertas bertuliskan ‘see you there’ dan ‘Dubai Expo Oct 2021 – Mar 2022’ di bagian depan, persis di belakang pintu pesawat.

Gambar tersebut tentu bukan sekedar gambar, melainkan diambil dari momen menarik maskapai belum lama ini.

Dalam sebuah tayangan video yang diunggah di YouTube channel Emirates, pramugari, yang mengenakan seragam lengkap, nampak berdiri di puncak gedung tertinggi yang pernah dibuat manusia itu, sambil memegang papan bertuliskan, ‘Moving the UAE to the UK amber list has made us feel on top of the world. Fly Emirates, fly better’.

A380 Emirates dengan livery mencolok tersebut rencananya akan melakoni penerbangan perdana pada hari ini menuju Los Angeles, Amerika Serikat.

Baca juga: Intip Mewahnya Airbus A380 Emirates yang Digunakan Klub Bola Real Madrid

Adapun dua dari tiga pesawat A380 Emirates dengan livery Dubai Expo 2020 paling mencolok baru akan menjalani proses pengecatan. Tak ada bocoran akan seperti apa liverynya. Besar kemungkinan, dua itu akan menggunakan livery yang berbeda satu sama lain, termasuk dengan livery A380 mencolok yang terbang hari ini.

Sementara itu, 40 pesawat A380 Emirates lainnya tetap dipakaikan livery Dubai Expo 2020. Hanya saja, mereka cenderung lebih halus alias tak tampil nyentrik, dengan perpaduan warna oranye, hijau, dan biru.