Memukau, ‘Sosok’ Airbus A380 Emirates Jadi Ladang Bunga Terbesar di Dubai

(The Travelius)

Pernah lihat sebuah pesawat Airbus A380 dipenuhi bunga-bunga di seluruh permukaannya? Mungkin hal ini dianggap mustahil dan hanya sebuah editan bila dilihat dalam foto. Tetapi ternyata di Dubai, Uni Emirat Arab, ada A380 milik Emirates yang seluruh bodi luarnya dipenuhi dengan bunga segar.

Baca juga: So Sweet! Pramugari Emirates Dilamar di Udara

Tentu saja yang dimaksud bukan pesawat asli, melainkan berupa mockup yang dibentuk dengan skala penuh. KabarPenumpang.com merangkum dari laman emirates.com, bunga-bunga tersebut bisa terpasang di mockup A380 tersebut karena adanya kerja sama Emirates dengan Dubai Miracle Garden yang membangun instalasi bunga terbesar dalam bentuk pesawat. Untuk memenuhi seluruh permukaan pesawat Emirates A380, dibutuhkan lebih dari 500 ribu bunga segar dan tanaman hidup.

Saat bunga-bunga ini bermekaran, maka akan ada lima juta bunga dengan berat lebih dari 100 ton yang belum pernah terjadi sebelumnya. Boutros Boutros, Divisional Senior Vice President, Corporate Communications, Marketing & Brand mengatakan, Emirates yang menggunakan pesawat Airbus A380 sangat populer di kalangan penumpang seluruh dunia.

“Melalui upaya kolaborasi dengan Dubai Miracle Garden, kami berharap dapat menginformasikan, menginspirasi dan menyenangkan pengunjung melalui skala tipis dan keindahan instalasi A380 bermotif bunga. Penerbangan mempengaruhi seluruh kehidupan kita, dan A380 yang dipamerkan akan menawarkan pengunjung kesempatan untuk lebih dekat dengan sosok pesawat angkut komersial terbesar ini. Inisiatif lingkungan yang progresif dan metode membangun dan menanam instalasi Emirates A380 juga selaras dengan eko-efisiensi pesawat,” ujarnya.

Abdel Naser Rahhal, Co-Founder and Creator of Dubai Miracle Garden mengatakan, menggunakan Emirates A380 adalah pencapaian besar bagi Dubai Miracle Garden. Apalagi pihaknya bangga memiliki instalasi bunga pada pesawat sebagai karya bunga terbesar di dunia yang pernah dibuat.

“Kami berharap bahwa ketika pengunjung mendekat ke Emirates A380 mereka akan merasakan skala di mana ia dibangun. Seperti moto kami mengatakan: Kami adalah tuan hijau dan pembuat bunga, ke mana pun kami pergi, kami membuatnya hijau, apa pun yang kami sentuh, kami membuatnya berkembang,” ujar Rahhal.

Bunga yang digunakan untuk membuat A380 Emirates adalah bunga hidup yang ditanam secara berkelanjutan dan dipanen selama empat bulan di pembibitan Taman Miracle Dubai di Uni Emirat Arab (UEA). Ada tujuh varietas tanaman yang tersebar di badan pesawat A380 tersebut yakni Petunia, Coleus (Plectranthus scutellarioides), Marigold (Tagetes), Snapdragon (Antirrhinum), Viola, Geranium (Pelargonium) dan Gaillardia (Gaillardia aristata).

Bahkan sembilan ribu bunga dan tanaman membentuk logo ikon dari Emirates serta 100 ribu bunga membentuk sayap yang sangat besar mencapai lebih dari 80,27 meter. Lebih dari 200 anggota kru instalasi dengan cermat bekerja 10 jam sehari selama 180 hari untuk membangun, melapisi dan memasang dedaunan tekstur pada struktur baja 30 ton yang membentuk Emirates A380.

Struktur pesawat bahkan mencakup kipas mesin yang bergerak dan fitur desain utama lainnya yang menangkap esensi dari desain pesawat asli.

Instalasi tanaman ini adalah struktur terbesar yang pernah dibangun di taman dan diatur pada petak bunga 7.460 meter persegi, sekitar 10 persen dari Dubai Miracle Garden. Pendekatan Dubai Miracle Garden untuk praktik hortikultura dan lansekap yang berkelanjutan berarti ia tumbuh dan mengangkut bunga dan tanaman dengan jejak karbon minimal.

Praktek perkebunan vertikal digunakan untuk meminimalkan konsumsi air, dengan benih hibrida berkualitas tinggi dijahit ke nampan dan kemudian dipindahkan ke berbagai tanah khusus, memungkinkan aerasi dan retensi air yang tepat. Setelah musim Dubai Miracle Garden berakhir, tanah akan digunakan sebagai pupuk organik.

Baca juga: Abaikan Tombol Panggilan dari Penumpang, Awak Kabin Emirates Terima Memo Peringatan

Struktur Emirates A380 dibangun dari bahan daur ulang dan bunga serta tanaman diairi melalui sistem air tetes yang dirancang khusus untuk struktur yang akan membuat instalasi A380 terhidrasi dan subur sepanjang musim. Instalasi Emirates A380 akan dipamerkan untuk umum mulai 27 November 2016 lalu dan dapat dilihat dari platform khusus di pusat Dubai Miracle Garden.