Kereta Dek Ganda Stadler Rail, Kereta Ramah Untuk Penyandang Disabilitas

Sumber: progressivemediagroup.com

Di tahun 2012 silam, perusahaan manufaktur asal Swiss, Stadler Rail meluncurkan double-decker multiple-unit train atau yang lebih dikenal dengan kereta dek ganda pertamanya di Erlen, Swiss. Peluncuran tersebut terkait permintaan dari Bern-Lötschberg-Simplon (BLS) railway, sebuah perusahaan kereta api asal Swiss. Pertama kali, BLS melakukan pemesanan kereta jenis CHF494m sebanyak 28 unit kereta dek ganda pada bulan Maret 2010 silam dengan harga US$542 juta.

Baca Juga: Rute Ekstrim Kereta Bergerigi di Swiss, Kemiringannya Hingga 48%

Sebagaimana diwartakan KabarPenumpang.com dari railway-technology.com (22/3/2012), adapun tujuan dibalik permintaan kereta dek ganda ini adalah untuk meningkatkan kapasitas tempat duduk bagi para penumpangnya hingga 30 persen lebih banyak daripada menggunakan gerbong biasa. Menurut sumber tertera, kereta dek ganda ini nantinya akan dioperasikan di jalur komuter Bern. Adapun perakitan kereta ini dilakukan di Stadler Rail Altenrhein.

Pemilik sekaligus CEO dari Stadler Rail, Peter Spuhler mengatakan tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama untuk mengembangkan kendaraan yang memenuhi standar keselamatan dan kecelakaan. “Kami hanya membutuhkan sembilan bulan untuk memenuhi standar keselamatan yang tinggi, karena tidak semua kereta dapat transit melalui Base Lötschberg Tunnel,” ujar Peter. Kereta dek ganda tersebut terlebih dahulu diuji coba di Swiss bagian timur pada bulan September sebelum akhirnya mulai beroperasi pada bulan Desember.

Baca Juga: Glacier Express, Antarkan Anda Nikmati Indahnya Pemandangan Swiss

Satu rangkaian kereta ini memiliki 335 bangku, dimana 61 diantaranya berada di kelas satu, dan mampu untuk menampung lebih dari 110 penumpang berdiri. Fasilitas penunjang lainnya pun bisa dibilang cukup memadai, seperti pintu masuk dengan lantai rendah, AC, kamera pengawas, hingga banyak ruang yang tersedia untuk pengguna kursi roda, soket listrik di kelas satu, hingga toilet yang bisa diakses oleh penyandang disabilitas.

BLS mengoperasikan sistem kereta api komuter di Bern dan Lucerne West, serta beberapa layanan regional lainnya dengan total tujuh kanton. Tidak hanya melayani perjalanan kereta api, BLS juga ternyata menjalankan beberapa usaha transportasi lainnya, seperti Autoverlad Lötschberg yang bergerak di bidang transportasi darat, Schifffahrt Berner Oberland yang melayani perjalanan laut, serta bus wilayah Emmental.