Kereta di Rumania Terbakar, Diduga Akibat Korsleting

0
(romania-insider.com)

Kembali terjadi kebakaran pada kereta dan satu orang membutuhkan perawatan medis setelah menghirup asap. Kebakaran ini terjadi di Rumania Selatan pada kereta penumpang yang bepergian di rute Bucharest menuju ke Targu Jiu pada Selasa (26/11/2019) kemarin di dekat komune Maldaeni di Teleorman, Rumania Selatan.

Baca juga: Akibat Ledakan Tabung Gas Saat Memasak, 70 Orang Tewas di Dalam Kereta Tezgam Express

Insiden ini menghanguskan dua gerbong dari lima yang ditarik dalam satu rangkaian. Dalam kebakaran tersebut ada sekitar seratus penumpang di kereta dan menurut Inspektorat Teleorman untuk Situasi Darurat (ISU Teleorman) seorang yang membutuhkan perawatan medis adalah karyawan Căile Ferate Române (CFR) atau petugas dari Romanian Railway.

KabarPenumpang.com melansir laman romania-insider.com (27/11/2019), saat insiden kebakaran, petugas pemadam kebakaran tiba di lokasi sekitar pukul 16.45 waktu setempat untuk melakukan pemadaman api. Ketika kebakaran terjadi penumpang langsung melarikan diri sebelum api mulai melahap dua gerbong tersebut.

Untungnya dua gerbong yang terbakar tersebut langsung dipisahkan oleh petugas CFR agar tidak merembet ke gerbong lainnya. ISU Teleorman mengatakan, kebakaran tersebut kemungkinan besar disebabkan oleh korsleting.

Adanya insiden kebakaran di Romania ini mengingatkan pada kebakaran kereta api di Pakistan. Pada insiden yang terjadi pada 30 Oktober 2019 kemarin, sekitar 70 orang meninggal dunia.

Penumpang yang tewas dan luka-luka sebagian besar karena mencoba turun dari kereta untuk melarikan diri. Kejadian itu menghanguskan tiga gerbong. Bahkan penyebab kebakarannya pun tak diduga oleh penumpang lain yakni dua kompor yang meledak saat penumpang tengah memasak sarapan dalam kereta.

Padahal membawa tabung gas dalam kereta ketika bepergian merupakan hal ilegal dan dilarang dalam aturan. Kebakaran tersebut terjadi di atas kereta Tezgam Express yang kala itu tengah mengular dari kota-kota di Karachi dan Rawlpindi.

Asisten komisaris kota Multan, Mansoor Ahmed membenarkan jumlah korban jiwa mencapai 70 orang dan 40 diantaranya terluka bahkan kritis. Diketahui, pada Kamis sore, para petugas penyelamat mulai membersihkan reruntuhan yang hangus untuk pencarian korban.

Baca juga: 122 Gerbong Tua Terbakar, Stasiun Cikaum Terkenal Sebagai “Kuburan Kereta”

Sembilan orang dengan luka bakar dibawa ke rumah sakit di distrik Multan. ada Juli, sedikitnya 23 orang tewas di distrik yang sama ketika sebuah kereta penumpang dari kota Lahore di bagian timur Pakistan menabrak kereta barang yang berhenti di persimpangan.