Tuesday, March 5, 2024
HomeDestinasi DaratKereta Djoko Kendil "Tamu Spesial" yang Dinanti, Akhirnya Tiba di Jabodetabek

Kereta Djoko Kendil “Tamu Spesial” yang Dinanti, Akhirnya Tiba di Jabodetabek

Momen yang dinanti memang sangat ditunggu – tunggu kehadiran rangkaian KA spesial yang akan berkunjung ke wilayah Jabodetabek. Bahkan ada yang pertama kali datang setelah melakukan uji coba di wilayah Cirebon, Jawa Barat. Inilah rangkaian KA spesial dengan nama Djoko Kendil dan Kereta Ukur Jalan Rel. Kedua kereta ini memang sangat dinantikan bagi penikmat fotografi di wilayah Jabodetabek. Banyak informasi kerap kali hadir di jagad media sosial tentang kehadiran rangkaian kereta tersebut. Alhasil pada Juli 2022 ini akhirnya rangkaian tersebut datang ke Ibukota Jakarta.

Baca juga: KA Djoko Kendil, Antara Tempo Doeloe dan Saat Ini

Perjalanan rangkaian KA Djoko Kendil ternyata dikirimkan kembali yang semula dari Kota Solo menuju DKI Jakarta. Perjalanan KA tersebut selama seharian penuh pada Kamis, 14 Juli 2022. Keberangkatan dari Stasiun Solo Balapan pada pukul 04.00 dan tiba di Stasiun Manggarai pukul 00.15 dini hari. Pengiriman rangkaian KA Djoko Kendil berlangsung alot dan lambat. Kecepatan yang di tempuh selama perjalanan tidak lebih dari 45 km/jam.

Selain rangkaiannya yang sudah tua karena dioperasikan sejak tahun 1932, rangkaian ini merupakan aset paling penting di perekeretaapian Indonesia karena memiliki nilai sejarah yang tinggi. Saat ini rangkaian yang terdiri dari 2 unit kereta bernomor IW 38221 dan IW 38212 ini tersimpan di Balai Yasa Manggarai, Jakarta Selatan untuk dilakukan perawatan. Karena beberapa bocoran informasi yang diperoleh, rangkaian KA Djoko Kendil akan digunakan untuk kegiatan negara termasuk merayakan HUT Kemerdekaan Indonesia.

Lain halnya pengiriman KA Djoko Kendil dari Solo ke Jakarta, pengiriman kereta berikutnya adalah Kereta Ukur Jalan Rel dan LAA. Seperti yang diberitakan kabarpenumpang.com kereta ukur yang didatangkan langsung dari Plasser & Therurer Austria ini sempat dilakukan uji coba dan pengecekan di Balai Yasa Mekanik, Cirebon. Kemudian diuji cobakan untuk lintas menengah, yaitu Cirebon – Brebes pp. dan Cirebon – Prupuk pp. Dan hari ini kereta ukur tersebut berada di wilayah Daop 1 Jakarta untuk melakukan uji coba lintas dan sekaligus uji coba pengecekan LAA (Listrik Aliran Atas).

Baca juga: Desas – desus Akan Dikembalikan, Djoko Kendil Lakukan Uji Coba Lintas di Kota Solo Sebelum Pengiriman

Perjalanan pengiriman kereta ukur tersebut memang dilakukan hari ini (15/7) dan langsung menuju ke Depo KRL Depok untuk dilakukan pengecekan. Belum diketahui akan dilakukan pengecekan di lintas mana lagi untuk wilayah Daop 1 Jakarta ini, yang pasti keberadaan keret ukur tersebut kurang lebih 5 hari berada di Jabodetabek. (PRAS – Cinta Kereta Api)

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru