Kereta Mewah “36+3” Meluncur, Lintasi Lima Rute di Kyushu

0
Kereta mewah 36 + 3 (afar.com)

Japan Railways baru saja meluncurkan kereta mewah terbaru mereka untuk menelusuri lintasan di pulau utama paling selatan Jepang. Kereta mewah ini bernama “36+3” dan belum lama ini bergabung dengan kereta tidur Seven Star di Kyushu dan memiliki lima rute. Kereta mewah tersebut diluncurkan JR Kyushu pada Oktober kemarin dan merupakan kereta listrik seri 787 yang memiliki warna hitam legam.

Baca juga: Java Nacht Express, Layani Jakarta – Surabaya, Inilah Kereta Mewah Pertama di Indonesia

Interiornya pun telah direnovasi sepenuhnya dan dikerjakan oleh desainer yang sama dengan kereta tidur Seven Star di Kyushu. Sebagai kereta mewah, Seven Star hanya memiliki 14 suite dan secara teratur terjual habus beberapa bulan sebelumnya. Kereta mewah 36 + 3 sendiri menawarkan perjalanan sehari semalam dengan lima rute pemandangan berbeda di seluruh Kyushu di mana terkenal dengan mata air panas, bunga azalea di musim semi dan gunung berapi aktif terbesar di Jepang yaitu Gunung Aso.

interior dan destinasi yang dilintasi kereta mewah 36 + 3 di Kyushu (afar.com)

KabarPenumpang.com melansir afar.com (6/11/2020), arti nama kereta ini sendiri yaitu angka “36” berasal dari Kyushu yang merupakan pulau terbesar ke-36 di dunia. Sedangkan “+3” mewakili kereta api, penduduk Kyushu dan pelanggan. JR Kyushu mengatakan, interior kereta 36+3 mirip dengan Seven Star yang mana memiliki enam gerbong dan memadukan gaya klasik Jepang serta Barat modern.

Interior kereta dilengkapi pintu kasa shoji dan jenis kisi khusus yang disebut okawa kumiko berasal dari Prefektur Fukuoka di pulau tersebut. Kereta mewah 36+3 memiliki kapasitas total untuk 105 penumpang. Pada gerbong pertama dan kedua, pelancong akan mendapatkan 13 kompartemen pribadi yang dilengkapi dengan sofa serta meja bergaya barat dan masing-masing bisa memuat hingga enam orang.

Gerbong ketiga merupakan bar tempat minuman dan makanan ringan seperti sake serta masakan lokal Kyushu seperti makanan laut dan wagyu. Pada gerbong keempat merupakan ruang tunggu yang memiliki langit-langit dengan beberapa tempat makan kecil. Di gerbong kelima dan enam menawarkan tempat duduk biasa yang memiliki lantai tikar tatami.

Ini merupakan lantai tikar pertama untuk JR Kyushu yang dibuat dengan rumput ilalang dari Prefektur Kumamoto. Nantinya dengan etiket Jepang, tamu yang duduk di gerbong dengan beralaskan tikar tatami harus melepaskan alas kaki mereka sebelum masuk. Penasaran dengan lima rute yang dilalui kereta mewah ini? kereta beroperasi dari Hakata di utara ke pantai barat pulau di Prefektur Kumamoto yang menawarkan pemandangan spektakuler Laut Cina Timur di sepanjang jalan.

Kemudian kereta melintas selatan pulau dari Kagoshima-Chuo ke Bandara Miyazaki dan berhenti makan siang di Stasiun Osumi Okawara, di mana Anda dapat menikmati pemandangan Teluk Kinko dan gunung berapi Sakurajima. Jalur ini membentang di sepanjang pantai timur Kyushu hingga Beppu, dengan pemberhentian di Kota Saiki sehingga para tamu dapat membeli makanan khas setempat seperti teh hitam yang ditanam di pegunungan dan selai kastanye Jepang.

Setelah meninggalkan Beppu, kereta berangkat melintasi garis pantai utara menantikan pemandangan Teluk Beppu di satu sisi kereta dan pegunungan Prefektur Oita di sisi lain. Terakhir, rute hari Senin membawa wisatawan dari Stasiun Hakata ke kota Nagasaki dengan berhenti di kota bersejarah yang terkenal dengan pabrik sake-nya.

Baca juga: Jepang Tawarkan Paket Wisata dengan Kereta Mewah Yang Ramah Dompet

Untuk menikmati kereta mewah 36+3, tarifnya pun bergantung rute, dan ini sudah temasuk dengan paket makan orang dewasa berkisar 12 ribu yen atau Rp1,6 juta hingga 30 ribu yen atau Rp4 juta.

LEAVE A REPLY