Kereta Peluru CR400AF-G Mampu Beroperasi di Suhu Ekstrim -40 Derajat Celcius

0
Kereta peluru berkecepatan tinggi jenis baru Fuxing CR400AF-G (global.chinadaily.com.cn)

Apakah ada kereta yang mampu beroperasi di bawah suhu serendah -40 derajat celcius? Ternyata ada dan ini adalah kereta peluru berkecepatan tinggi jenis baru dari Fuxing. Kereta ini mulai debut pertamanya di Beijing, Cina pada Kamis (7/1/2021) kemarin.

Baca juga: Kereta Peluru Fuxing Akhirnya Kembali Merajai Dunia Kereta Api Cina

Kereta CR400AF-G menghubungkan Beijing dengan tujuan timur laut termasuk Shenyang yang merupakan ibukota provinsi Liaoning dan Harbin ibukota provinsi Heilongjiang. Dilansir KabarPenumpang.com dari global.chinadaily.com.cn (11/1/2021), Komisi Pembangunan dan Reformasi Beijing mengatakan, layanan kereta ini akan segera mulai beroperasi namun tanggal pastinya belum diungkapkan secara jelas.

Kereta ini memiliki garis-garis merah yang menghiasi bodi bagian luarnya dengan warna dasar silver. Fuxing CR400AF-G dirancang untuk melaju pada kecepatan 350 km per jam dan bisa mengangkut 1080 penumpang.

Mampunya kereta ini melaju di suhu serendah -40 derajat celcius karena para pengembang menambahkan sistem pengeraman dan pemanas listrik yang unik. Direktur pusat kereta peluru China Railway Beijing Group di distrik Chaoyang, Zhou Song mengatakan, pengembang menghadirkan sistem pengereman yang dapat membantu menjaga rem agar tidak membeku.

Dia mengatakan, jika kereta berhenti di Harbin selama satu jam, biasanya karena cuaca sangat dingin sistem pengeraman akan mudah membeku. Tetapi dengan sistem baru ini, ada kemungkinan remnya akan bergerak dari waktu ke waktu meski kereta berhenti.

“Ini ibarat orang yang menghentakkan kakinya agar tetap hangat di cuaca yang dingin,” kata Zhou.

Selain itu, perancang kereta juga menambahkan sistem pemanas listrik untuk mencegah cairan yang mengalir di pipa kereta dan menjadi beku.

“Cairan tidak bisa menahan suhu di bawah nol, dan kereta memiliki banyak pipa, termasuk yang menyediakan air untuk penumpang dan yang membuang limbah. Untuk mencegah pipa itu membeku, sistem pemanas listrik mencakup seluruh jaringan pipa di atas kapal,” kata Gao Shichong, wakil kepala pusat kereta peluru.

Setelah dioperasikan, kereta CR400AF-G akan diperiksa setiap 48 jam di pusat. Setiap inspeksi akan berlangsung hingga lima jam dan akan dilakukan oleh lima inspektur. Ini adalah jenis kedua kereta peluru berkecepatan tinggi Fuxing yang dapat beroperasi di bawah suhu yang sangat rendah.

Baca juga: Jaringan Kereta Cina Angkut 10 Miliar Penumpang di Kuartal Pertama 2019

Jenis lainnya saat ini berjalan di jalur kereta api berkecepatan tinggi yang menghubungkan Beijing dengan Area Baru Xiong’an provinsi Hebei dan Zhangjiakou. Menurut China Railway Corp, 1.036 kereta peluru Fuxing telah dioperasikan sejak 2017. Kereta tersebut telah menangani gabungan 827 juta perjalanan penumpang dan telah menempuh jarak 836 juta km.

Leave a Reply