Khawatir Identitas Anda ‘Terekam’ oleh Kamera di Layar Hiburan? Tutupi Pakai Plester Luka Saja!

0
Sumber: News.com.au

Setiap orang memang memiliki kebiasannya masing-masing ketika boarding di sebuah maskapai. Pertama kali tentu saja Anda akan mencari tempat duduk sesuai dengan yang tertera di tiket, bukan? Lalu beberapa dari Anda mungkin langsung duduk dan ‘menyetel’ posisi duduk ternyaman Anda, namun tidak sedikit juga dari Anda yang mungkin malah sibuk dengan menata barang bawaannya masing-masing, mana yang harus masuk ke dalam bagasi kabin, mana yang bisa Anda simpan bersama Anda.

Baca Juga: Penumpang Keluhkan Ada ‘Kamera Tersembunyi’ di Layar Hiburan Singapore Airlines

Ketika pada artikel sebelumnya sudah dijelaskan agar Anda selalu menyediakan barang-barang yang sekiranya Anda butuhkan selama perjalanan di tas yang Anda pangku – termasuk selotip atau plester luka (band-aid /tensoplast). Khusus untuk plester luka ini, selain dapat berfungsi untuk menutupi luka selama perjalanan, namun salah satu instrumen wajib di kotak P3K ini juga dapat digunakan untuk menutup ‘kamera pengawas’ yang terletak di layar hiburan di depan Anda.

Ya, sebelumnya seorang penumpang maskapai Singapore Airlines mendapati sebuah kamera pengawas yang berada tepat di bawah layar tersebut dan menyebarluaskan penemuannya ini di media sosial. Tapi setelah diselidiki lebih mendalam, ternyata tidak hanya flag carrier Singapura saja yang memasang fitur semacam ini di armada mereka, tapi muncul juga nama American Airlines, United Airlines, hingga Delta Air Lines – dan mereka semua tidak menampik itu.

Jika ditilik lagi dari sudut pandang yang lain, mungkin Singapore Airlines, American Airlines, United Airlines, dan Delta Air Lines memiliki pemasok atau vendor layar hiburan yang sama – dimana entah secara kebetulan atau tidak, keempat maskapai ini mengambil bundle layar hiburan yang sama, atau tengah mempersiapkan kebutuhan penumpang di masa yang akan datang.

Terkecuali Emirates yang sudah terang-terangan menyebutkan bahwa kamera di bawah layar hiburan tersebut dapat digunakan oleh para penumpang layanan first class untuk melakukan telekonferensi di ketinggian 30.000 kaki.

Kendati contoh-contoh maskapai yang sudah punya pangsa pasarnya sendiri ini mengaktifkan atau tidak fitur yang disebut-sebut sudah menjadi satu bundle dengan layar hiburan ini, namun tetap saja sebagai penumpang Anda harus waspada akan hadirnya fitur semacam ini. Tentu Anda tidak mau kan jika data pribadi Anda diretas oleh oknum-oknum tidak bertanggungjawab?

Baca Juga: Klasik, Ini Dia Rentetan Alasan Delay di Dunia Penerbangan

Nah, menanggapi hal ini, KabarPenumpang.com melansir dari laman inc.com (26/2/2019), ada baiknya Anda untuk selalu membawa plester luka ketika hendak bepergian menggunakan moda udara. Alasannya? Seperti yang sudah disinggung di atas, selain dapat berfungsi untuk membebat luka, dengan membawa plester luka juga Anda bisa menutup kamera pada layar hiburan.

Setidaknya jika Anda membawa selotip, tidak menutup kemungkinan jika petugas keamanan di bandara akan menanyakan kepentingan Anda untuk membawa selotip tersebut. Berbeda jika membawa plester luka, dimana Anda bisa berdalih semisal situasi darurat terjadi.

Lalu pertanyaan lain muncul, bagaimana jika maskapai penerbangan juga menghadirkan fitur mikrofon di layar penerbangan? Apa yang harus Anda lakukan?

 

 

Leave a Reply