Penumpang Keluhkan Ada ‘Kamera Tersembunyi’ di Layar Hiburan Singapore Airlines

Sumber: News.com.au

Jika Anda merupakan tipe orang yang selalu menutupi kamera di komputer atau laptop dengan menggunakan selotip – seperti yang dilakukan Mark Zuckerberg, maka Anda mungkin tidak akan terlalu senang jika Anda menemukan sebuah kamera ‘tersembunyi’ di layar yang terletak di belakang bangku penumpang di sebuah penerbangan. Sudah barang tentu perasaan seperti dimata-matai akan senantiasa mendampingi perjalanan Anda hingga sampai di terminal bandara yang Anda tuju.

Baca Juga: Terima Airbus A350-900ULR, Singapore Airlines Siap Terbang ke New Jersey Non-Stop

Ya, gambaran peristiwa di atas ternyata dialami oleh maskapai asal negeri tetangga, Singapore Airlines, dimana flag carrier Singapura tersebut mendapat keluhan dari sejumlah penumpang terkait kehadiran kamera pada layar di belakang bangku penumpang ini. Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman digitaltrends.com (19/2/2019), pihak Singapore Airlines menjelaskan bahwa kamera tersebut terhubung dengan sejumlah perangkat perekaman atau pengambilan gambar apapun.

Penjelasan Singapore Airlines tersebut dilontarkan setelah seorang penumpang layanan tersebut mengunggah cuitan – lengkap dengan beberapa foto dan mengunggahnya ke jejaring sosial Twitter. Adalah Vitaly Kamluk, seorang pengguna Twitter yang mengunggah cuitan tersebut, dan tidak lupa ia juga me-mention akun Twitter resmi Singapore Airlines, @SingaporeAir dalam cuitannya tersebut.

“Saya baru saja menemukan sebuah sensor yang seolah menatap saya dari bagian belakang bangku yang berada di depan saya. Adakah penjelasan lebih lanjut mengenai benda yang menyerupai sebuah kamera ini? Apakah @SingaporeAir bisa memberikan klarifikasi terkait hal ini?” tulis Vitaly Kamluk di Twitter pada Minggu (17/2/2019).

Menanggapi cuitan dari Vitaly tersebut, pihak Singapore Airlines menegaskan bahwa pihaknya tidak pernah menggunakan kamera tersebut dan tidak memiliki rencana untuk mengaktifkannya. Anggota dari aliansi penerbangan Star Alliance ini juga menjelaskan bahwa kamera tersebut sudah ada sejak pertama kali pesawat terkait datang, alias tidak ada permintaan khusus dari Singapore Airlines untuk menambahkan fitur tersebut.

Sementara itu menurut situs berita Singapura, The Strait Times, sistem hiburan dalam penerbangan yang dimaksud dibuat hasil kerja sama Panasonic dan perusahaan transportasi dan teknologi Thales, dan telah dipasang pada pesawat Airbus A350/A380, Boeing 777-300ER, dan Boeing 787-10, dimana totalnya ada 84 unit pesawat yang memiliki kamera tidak aktif tersebut.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Penumpang di Penerbangan Jarak Jauh, Singapore Airlines Gandeng Canyon Ranch

Dampak dari kejadian ini adalah penumpang banyak yang khawatir karena mungkin saja data visual mereka ‘diambil’ oleh pihak maskapai selama mereka mengudara.

Kendati pihak Singapore Airlines telah menegaskan bahwa kamera tersebut tidaklah aktif, namun satu langkah preventif yang bisa Anda lakukan jika kebetulan Anda hendak mengudara menggunakan Singapore Airlines dalam waktu dekat ini adalah, siapkan selotip untuk menutup kamera tersebut.