Kondisi Kian Memanas, Otoritas Bandara Batalkan Semua Penerbangan dari dan Menuju Hong Kong

Situasi di Bandara Internasional Hong Kong yang dipadati oleh demonstran. Sumber: Reuters

Kerusuhan yang terjadi di Hong Kong akibat protes warganya terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) ekstradisi ternyata semakin tak terbendung. Ribuan hingga puluhan ribu warga Hong Kong yang terdiri dari berbagai kalangan turun ke jalan untuk menyuarakan protes mererka terhadap Pemerintah. Jika pada pemberitaan sebelumnya disebutkan bahwa beberapa maskapai penerbangan membatalkan penerbangan dari dan menuju Hong Kong International Airport (HKIA), kini giliran otoritas bandara Hong Kong yang membatalkan semua penerbangan. Duh, kok jadi panjang begini ya masalahnya?

Baca Juga: Mayoritas Pilot dan Awak Kabin Dukung Aksi Protes, Cathay Pacific Tujuan Cina Daratan Terancam Lumpuh

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman airport-technology.com (12/8), otoritas bandara yang berkode HKG ini telah menghimbau kepada seluruh penumpang untuk tidak datang ke daerah bandara.

“Semua layanan check-in untuk penerbangan keberangkatan telah ditangguhkan. Selain penumpang yang telah menyelesaikan proses check-in dan penerbangan yang sudah menuju ke Hong Kong, semua penerbangan lainnya telah dibatalkan untuk sisa hari ini,” tulis otoritas bandara dalam sebuah keterangan.

“Semua penumpang disarankan untuk meninggalkan gedung terminal sesegera mungkin. Penumpang yang terkena dampak harap hubungi maskapai masing-masing untuk pengaturan penerbangan,” tambahnya.

Maskapai yang Menangguhkan Penerbangan
Sebelumnya, Thai Airways International dan Thai AirAsia telah terlebih dahulu menangguhkan penerbangan mereka menuju Hong Kong pada Senin (12/8) kemarin. Thai Airways mengumumkan dua pembatalan dua penerbangan merka menuju Hong Kong – TG606 dan TG602. Adapun TG607 yang dijadwalkan terbang meninggalkan Hong Kong pada Senin malam sekira pukul 20.45 waktu setempat juga terpaksa dibatalkan.

Sementara untuk Thai AirAsia membatalkan tiga penerbangan mereka menuju Hong Kong – FD504 yang seharusnya meninggalkan Bandara Don Mueang pada pukul 15.28 waktu setempat, FD502 yang dijadwalkan berangkat pada pukul 17.44 waktu setempat, dan FD524 yang dijadwalkan meninggalkan Phuket pukul 16.02 waktu setempat.

Baca Juga: Dampak Kerusuhan RUU Ekstradisi, Bandara Hong Kong Batalkan Lebih dari 200 Penerbangan

Penerbangan Thai AirAsia dari Hong Kong yang masing-masing dengan nomor penerbangan FD505, FD503, dan FD525 juga terpaksa dibatalkan karena kondisi di sana yang sudah semakin tidak kondusif.

Sedangkan untuk flag carrier Garuda Indonesia yang juga memiliki jadwal penerbangan menuju Hong Kong juga diperkirakan membatalkan penerbangannya. Namun sayang, hingga berita ini diturunkan, pihak maskapai plat merah ini masih belum bisa dihubungi.