KRL Yogya-Solo Gunakan Kereta Produksi PT INKA

0
KRL beutan PT INKA (joss.co,id)

Kereta api listrik atau KRL bukan hanya akan ada di Jabodetabek tetapi juga akan mulai mengular di Yogyakarta dan Solo. Kereta ini akan mengangkut penumpang dan berhenti di sebelas stasiun di mana empat diantaranya baru digunakan untuk pemberhentian kereta.

Baca juga: KRL Yogyakarta ke Solo Berhenti di Sebelas Stasiun

Dari kabar yang tersiar, KRL di Daerah Operasi atau Daop 6 Yogyakarta ini akan diresmikan pada 14 Februari 2021. Saat ini baru hanya uji coba dengan undangan terbatas dan pada peresmiannya masyarakat akan bisa ikut naik dalam uji coba tersebut.

Sama seperti KRL di Jabodetabek, KRL Yogya – Solo akan menggunakan kereta dengan listrik aliran atas. Nah apakah kereta listrik yang digunakan sama dengan di Jabodetabek atau tidak ya?

KabarPenumpang.com menghimpun dari berbagai laman sumber, ternyata akan ada perbedaan KRL yang digunakan untuk dioperasikan Yogya – Solo ini. Di mana Kementerian Perhubungan yakni Direktorat Jenderal Perkeretaapian sudah memesan sepuluh trainset dari PT INKA.

Yang mana satu trainset akan terdiri dari sepuluh rangkaian gerbong. Namun pengoperasian trainset ini sendiri dikatakan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Zulfikar akan bertahap tergantung dengan sistemnya apakah sama dengan KRL di Jabodetabek.

Selain itu, sumber dari PT KCI yang mengoperasikan KRL di Daop 6 Yogyakarta rute Yogya – Solo mengatakan pihaknya akan menggunakan KRL buatan PT INKA dan nantinya juga akan menggunakan KRL dari Japan Railway. Hal serupa juga diungkapkan oleh Humas PT INKA Muhammad Advin yang dihubungi KabarPenumpang.com pada Rabu (20/1/2021).

Dia menyebutkan bahwa KRL Yogya – Solo akan menggunakan kereta buatan PT INKA. Namun sayangnya, spesifikasi KRL besutan INKA ini belum dibeberkan secara jelas karena masih ada perubahan.

Baca juga: PT KCI Siap Luncurkan KRL Yogyakarta-Solo Pada 14 Februari 2021

“KRL Yogya – Solo benar menggunakan dari INKA. Spesifikasi sudah ada, tapi saat ini masih ada perubahan dan nantinya akan kami infokan,” jelas Advin.

Leave a Reply