PT KCI Siap Luncurkan KRL Yogyakarta-Solo Pada 14 Februari 2021

0
Stasiun Tugu Yogyakarta (KRjogja)

Kereta Rel Listrik atau KRL akan sasar Yogyakarta dan Solo dalam waktu dekat ini. Hal ini terlihat dari uji coba yang dilakukan PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) di jalur kereta relasi Yogyakarta dan Solo tepatnya di Daerh Operasi atau Daop 6 Yogyakarta.

Baca juga: Masih Sempurnakan Kelengkapan, Soft Launching KRL di Daop 6 Yogyakarta Diundur

Direktur Jenderal Perkeretaapian Kementerian Pehubungan Zulfikri mengatakan, adanya KRL di Daop 6 Yogyakarta karena wilayah ini sudah membutuhakn transportasi massal. Di mana dia mengatakan, bila berbicara perihal potensi wilayah, potensi penduduk, Yogyakarta berkembang cukup pesat.

“Karena berkembang cukup pesat hampir sepuluh juta penduduk, sehingga ini memang sudah mutlak angkutan massal hadir untuk pekerja, pelajar, pelancong yang akan pergi ke destinasi. Kalau alasan teknisnya, karena ada trek ganda,“ ujal Zulfikri dalam webinar bersama PT KCI, Selasa (19/1/2021).

Dia mengatakan, trek ganda ini bisa dimanfaatkan untuk angkutan penumpang dan nantinya jika sudah seperti Jakarta, kemungkinan pembangunan double trek jalur ganda juga bisa dilakukan. Namun apakah sudah bisa beroperasi dengan lancar saat ini KRL di Yogyakarta menuju Solo tersebut?

Kepala Balai Teknik Perkeretaapian Kelas I Wilayah Jawa Bagian Tengah, Putu Sumarjaya mengatakan, saat ini KRL sudah siap dioperasikan. Ini karena konstruksi pengoperasian elektrifikasi segmen Yogyakarta menuju Klaten dan pembangunan segmen Klaten ke Solo Balapan sudah rampung.

“Kita telah uji coba KRL secara bertahap yang pertama dari Stasiun Yogyakarta ke Klaten, kemudian dari Klaten menuju Purwosari. Terakhir Stasiun Purwosari sampai ke Solo Balapan,“ ujar Putu.

Pihaknya juga melakukan uji KRL dengan stakeholder yang rencanya dilakukan pada 20 hingga 31 Januari 2021 dan masyarakat umum 1 hingga 9 Februari. Dia menyebutkan setelahnya baru akan uji dengan penumpang terbatas dan launcing.

Baca juga: Jelang Elektrifikasi Jalur Kereta Yogyakarta-Solo, PT KCI Kelola Pengoperasian KA Prameks

“Kita akan uji coba terbatas dan komersial selama sepuluh hari. Rencananya peresmian KRL Yogyakarta menuju Solo ini pada 14 Februari 2021,“ ujar Putu.

Leave a Reply