Kucing Ngamuk dan Serang Pilot, Pesawat Ini Mendarat Darurat

0
Ilustrasi kucing serang pilot di kokpit saat pesawat sedang mengudara. Foto: Iloveqatar

Seekor kucing tak bertuan dilaporkan mengamuk dan menyerang pilot saat pesawat tengah mengudara. Akibat kejadian itu, suasana kokpit menjadi kacau dan sangat mungkin membuat pesawat kecelakaan. Beruntung, pilot dan kopilot bisa mengontrol pesawat sampai mendarat darurat di bandara.

Baca juga: Pesawat El Al Delay Dua Hari Gegara Kucing Hilang di Pesawat

Laporan media lokal Sudan, Al-Sudani, seperti dikutip rt.com, awalnya penerbangan Boeing 737 maskapai Sudanese Tarco dari Bandara Internasional Khartoum, Sudan ke Bandara Internasional Hamad, Doha, Qatar, berjalan lancar tanpa gangguan. Pesawat, cuaca, angin, kru, penumpang, dan semuanya dalam kondisi baik. Proses lepas landas pun juga cukup mulus.

Akan tetapi, beberapa saat setelahnya, dimana pesawat masih memasuki periode kritis atau critical eleven yang rentan kecelakaan, justru mendapat serangan dari seekor kucing liar yang garang. Tak disebutkan dengan jelas dari arah mana kucing tersebut menyerang dan siapa yang lebih banyak diserang.

Yang jelas, kucing tersebut nampak cukup beringas dan menyerang pilot serta kopilot. Di bawah serangan bertubi-tubi, keduanya memutuskan untuk kembali ke bandara.

Otoritas Penerbangan Sudan sendiri belum menyimpulkan bagaimana cara kucing liar itu bisa masuk ke dalam kokpit dan menyerang pilot kopilot saat pesawat sedang terbang. Tetapi, dari hasil penyelidikan jurnalis Al-Sudani, sebelum melakoni penerbangan berbahaya itu, pesawat diketahui sempat menginap di Bandara Khartoum.

Sumber dari media itu menyebut, besar kemungkinan kucing telah menyelinap masuk saat pesawat dibersihkan dan bersembunyi di kokpit sebelum akhirnya merasa terancam dan menyerang pilot serta kokpilot.

Meski terdengar aneh, insiden kucing masuk kokpit dan menyerang pilot serta kopilot tentu bukanlah kali pertama terjadi di dunia. Pada tahun 2004 silam, seekor kucing milik penumpang hilang dari tas di dalam kabin.

Tak lama kemudian, kucing tersebut menyelinap masuk ke kokpit saat pramugari tengah menyiapkan makanan dan menyerang kru. Kopilot maskapai Belgia ini diketahui mengalami luka ringan akibat cakaran kucing dan pesawat terpaksa kembali ke bandara semula.

Baca juga: Bikin Ketar-Ketir Penumpang, Inilah 6 Insiden Binatang Masuk ke Pesawat Tanpa Sengaja

Di tahun yang sama, maskapai nasional Bangladesh, Biman Bangladesh Airlines, juga dilaporkan mengalami nasib serupa. Namun, pesawat tetap melanjutkan penerbangan sampai ke bandara tujuan. Anehnya, ketika sampai di bandara tujuan, kucing yang telah menerkam pilot dan membuatnya luka-luka itu berhasil kabur dari pesawat. Beberapa jam kemudian, kucing itu akhirnya berhasil tertangkap.

Namun, itu belum seberapa bila dibandingkan tahun 2013. Saat itu, penerbangan kargo Saudi Arabian Airlines atau Saudia dari Riyadh ke Hong Kong terpaksa harus dibatalkan karena kemunculan seekor kucing, sesaat setelah pilot menyalakan mesin. Anehnya, laporan media lokal menyebut, kucing tersebut tak pernah ditemukan.

Leave a Reply