Kunjungan Kenegaraan, Raja Swedia Naik Pesawat Komersial dan Duduk di Kelas Ekonomi

0

Belum lama ini, Air India mendapatkan kehormatan dengan ditumpangi sepasang tamu VIP asal Swedia, yaitu Raja Swedia, His Majesty Carl Gustaf Folke Hubertus dan Ratu Her Majesty Silvia Renate Sommerlath. Kedua tokoh kenegaraan ini diketahui menggunakan Boeing 787 Dreamliner Air India AI168 dari Stockholm ke New Delhi. Sampai disitu tentu kabar ini terasa masih biasa saja.

Baca juga: Bak Raja, Pria Asal Lithuania Menjadi Satu-Satunya Penumpang Pesawat Tujuan Italia

Namun lebih dari itu, ada fakta yang mengejutkan, ternyata raja dan ratu Swedia tidak duduk di kabin kelas bisnis, juga bukan di kelas satu, melainkan mereka duduk di kelas ekonomi.

Dikutip dari thelocal.se (4/12/2019), disebutkan bahwa pesawat milik negara yang biasa mereka gunakan dikabarkan tengah mengalami kerusakan, sehingga jadilah pasangan VIP ini terbang menggunakan penerbangan komersial. Media di India dan Swedia pun dibuat riuh dengan kenyataan raja dan ratu naik di kelas ekonomi. Dalam keseharian, pasangan kerajaan ini memang dikenal akan kesederhanaannya, termasuk saat ke Indonesia tahun 2017 silam.

Selain punya sifat sederhana, raja pun tak ingin dimanja layaknya pejabat tinggi. Saat tiba di New Delhi pada 2 Desember 2019, lagi-lagi raja membuat heboh netizen, lantaran Ia menenteng tas dan koper sendiri. Ternyata pada kunjungan kenegaraan ke Indonesia pada 2017, sesaat tiba di Bandara Soekarno-Hata, raja Swedia ini juga terlihat menenteng koper sendiri.

Padahal kedatangan Raja Swedia ke India dalam misi kenegaraan, dimana Ia dijadwalkan untuk bertemu Presiden India Ram Nath Kovind dan Perdana Menteri Narendra Modi. Swedia dan India akan membicarakan bisnis dan perdagangan bilateral, serta berbagai isu yang terkait perubahan iklim.

Baca juga: Pengemis di Swedia Wajib Bayar Lisensi dan Punya Identitas Valid

Meski netizen meributkan tentang ‘kesederhanaan’ Sang Raja, namun Carl Gustaf Folke ternyata tidak terpengaruh oleh keriuhan yang ada. Dalam lawatan ke India, raja dan ratu Swedia ini didampingi oleh Menteri Luar Negeri Swedia Ann Linde dan Menteri Bisnis Ibrahim Baylan, namun tidak diketahui apakah kedua pejabat pemerintah tersebut juga ada dalam penerbangan yang sama dengan Sang Raja.

Leave a Reply