Lagi di Uji Coba, Skuter Listrik Grab Bakal Meluncur di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta

Ada yang baru terlihat di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, tepatnya di Terminal 3. Hal baru tersebut yakni kehadiran skuter listrik yang tengah dalam uji coba operasionalnya oleh operator bandara PT Angkasa Pura II (AP II).

Baca juga: Grab Gandeng UI untuk Kembangkan Startup, Ternyata Keduluan GoJek

Skuter listrik ini adalah kerja sama antara AP II dengan aplikasi ride hailing Grab. Nantinya skuter listrik tersebut akan mendukung mobilitas di Terminal 3 baik keberangkatan maupun kedatangan.

“Kehadiran layanan skuter listrik (Grab Wheels) di Terminal 3 menjadi inovasi baru dalam mendukung dan meningkatkan pengalaman pelanggan di bandara,” ujar Direktur Utama PT AP II Muhammad Awaluddin yang dikutip KabarPenumpang.com dari thejakartapost.com (19/5/2019).

Awaluddin mengatakan, Grab Wheels roda dua ini tengah menjalani uji coba di Terminal 3. Dia menambahkan, saat ini pihaknya menggunakan hanya untuk operasional bandara.

“Dalam waktu dekat Grab Wheels dapat disewa oleh pelancong. Namun sebelum diizinkan untuk disewakan, skuter listrik ini harus memiliki standarisasi layanan dan keselamatan,” jelas Awaluddin.

Dia mengatakan, saat ini sudah ada 20 skuter listrik yang hadir di Terminal 3 baik di gerbang keberangkatan maupun kedatangan baik di layanan domestik atau internasional. Awaluddin menjelaskan, standarisasi diperlukan dalam hal kecepatan kendaraan, trek atau jalur dan batas usia pengguna.

“Grab berencana menggunakan 30 skuter dengan biaya sewa per 30 menitnya Rp5 ribu atau 35 Sen Amerika Serikat untuk pelancong,” tambah Awaluddin.

Dalam penggunaannya, skuter listrik ini bisa diaktifkan dengan memindai kode batang melalui ponsel pintar pengguna dan dinilai tepat digunakan di Terminal 3 yang memiliki luas mencapai sekitar 430 ribu meter persegi dengan panjang 2,4 km. Saat ini diketahui moda transportsi pribadi di Terminal 3 yakni segway, rollerskates dan sepeda.

Diketahui, kerja sama Grab dengan AP II bukanlah bisnis yang pertama dilakukan. Kerja sama pertama adalah dalam pewujudan ketersediaan Grab Point atau titik penjemputan pelanggan GrabCar di Terminal penumpang Bandara Soetta.

Baca juga: Aplikasi Transportasi Online Asal Vietnam Siap Rebut Pasar GoJek dan Grab!

Terminal 3 sendiri terminal penumpang pesawat terluas dan termegah di Indonesia dengan kapasitas mencapai 25 juta penumpang per tahunnya.