Laksana Bandara Internasional, Ternyata ini Sebuah Stasiun di India

Tampak depan Stasiun Manduadih (Zee Business)

Pernahkah Anda saat ingin masuk ke sebuah stasiun di sangka mau masuk ke perkantoran atau sebuah bandara karena saking megahnya? Mungkin untuk beberapa bangunan stasiun di Eropa atau Amerika terlihat seperti itu. Tapi bagaimana bila melihat stasiun tersebut di India, negara yang terkenal punya masalah dengan kebersihan di fasilitas umum.

Baca juga: Stasiun Ernakulum India, Hadirkan Fasilitas Komplit Bagi Kaum Difabel

Biasanya pelancong atau pengguna akan terheran-heran. Ya, Stasiun Manduadih yang berada di Uttar Pradesh India dari luar hingga ke dalam tak tampak seperti sebuah stasiun. Malahan banyak yang mengira ini sebuah bandara bila tidak melihat peron dan rel kereta api.

bagian dalam dan peron Stasiun Manduadih

KabarPenumpang.com melansir dari laman livemint.com (12/6/2019), meski terlihat seperti bandara, ternyata stasiun ini baru saja diubah menjadi kelas dunia. Bangunan ruang tunggu dan peron pun terpisah dan ini yang membuatnya salah arti seperti bandara.

Bahkan fasilitas yang diberikan Stasiun Manduadih sangat ramah penumpang. Fasilitas yang diberikan menjadikannya stasiun kelas dunia adalah lampu LED, ruang tunggu besar dan ber-AC, bangku stainless steel dan lainnya. Tak hanya itu, di stasiun ini juga ada air mancur yang mempercantik ruang tunggu yang luas.

Stasiun Manduadih juga dilengkapi dengan area sirkulasi, kantor pemesanan atau reservasi tiket, kafetaria, food court, lounge yang dilengkapi pendingin udara, toilet ber-AC dan dormitori. Arsitektur bangunan ini mencerminkan semangat Kashi.

Platform atau peron stasiun selain bersih juga dilengkapi dengan panel layar LCD. Stasiun ini tidak hanya akan menyediakan fasilitas standar internasional kelas dunia bagi para penumpang tetapi, ia juga akan menawarkan pekerjaan bagi warga Varanasi. Stasiun kereta Manduadih memiliki delapan platform dan saat ini, delapan kereta berasal dari stasiun.

Dari kabar yang beredar, Perdana Menteri Narendra Modi berencana untuk mengubah nama stasiun Manduadih yang diubah menjadi stasiun kereta api ‘Banaras’. Mantan Menteri Union untuk perkeretaapian Manoj Sinha telah menulis surat kepada Ketua Menteri Uttar Pradesh Yogi Adityanath memintanya untuk mempertimbangkan penggantian nama stasiun.

“Nama Manduadih tidak terdengar bagus dan tidak terhubung dengan warisan Banaras,” kata seorang pejabat kereta api dari divisi Varanasi.

Masalahnya, bagaimanapun, tidak mencapai kesimpulan logis karena pemilihan diumumkan segera setelah stasiun kereta api baru selesai. Varanasi, juga disebut Banaras dan Kashi, adalah konstituensi parlementer Perdana Menteri Narendra Modi.

Baca juga: Stasiun Habibganj, Sebentar Lagi Menjadi Stasiun Kelas Dunia Pertama di India

Segera setelah Perdana Menteri Narendra Modi yang dipimpin NDA berkuasa, kota bersejarah Varanasi menjadi hidup ketika proyek-proyek pembangunan besar-besaran telah disetujui untuk kota tersebut, salah satu situs religius dan paling dihormati bagi umat Hindu.