Laksana Cahaya Bintang, Inilah Arti Kelap-Kelip Lampu di Ujung Sayap Pesawat

0
Sumber: istimewa

Suatu waktu bila Anda melihat pesawat ketika tengah mengudara dari kejauhan, maka bakal terlihat pendaran cahaya berbinar hijau – merah pada kedua sayap, laksana cahaya kecil bintang di pekatnya malam. Tapi, pernahkah Anda berpikiran bahwa dua lampu tersebut memiliki kegunaannya masing-masing? Bisakah Anda menebak fungsi dari lampu-lampu tersebut?

Baca Juga: Ini Alasan Lampu Kabin Pesawat Dimatikan Saat Lepas Landas dan Mendarat

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman skybrary.aero, ada tiga jenis lampu yang terpasang di body luar pesawat – yaitu navigation lights, beacon lights, dan strobe lights. Dari ketiga jenis lampu ini, masih ada anakannya masing-masing dan tentu saja, memiliki fungsi yang berbeda pula.

Navigation Lights

Sumber: Scandinavian Travel

Dari namanya saja, Anda semua tentu sudah bisa menebak kegunaan dari lampu ini. Ya, untuk membantu navigasi kru darat. Selain itu, kegunaan lain dari navigation lights adalah untuk mencegah terjadinya kecelakaan – terutama ketika malam hari. Penggunaan lampu ini akan memudahkan pesawat untuk mengetahui posisi dari pesawat lainnya ketika berada di udara.

Navigation lights sendiri terdiri dari tiga warna lampu – merah pada bagian wing tip kiri, hijau pada bagian wing tip kanan, dan putih pada bagian ekor pesawat. Nah jika Anda memperhatikan pesawat pada malam hari dan melihat ada cahaya hijau dan merah yang berkedip, maka itu berasal dari navigation lights!

Beacon Lights

Beacon Lights.Sumber: istimewa

Beacon lights merupakan lampu berwarna merah yang terpasang pada bagian atas dan bawah lambung pesawat. Lampu ini sendiri akan dinyalakan sebelum pesawat dinyalakan dan akan dimatikan sebelum pesawat dimatikan. Mungkin bisa dibilang bahwa lampu ini merupakan penanda bahwa suatu pesawat tengah berada dalam waktu operasi.

Baca Juga: Berakibat Buruk Saat Penerbangan,14 Poin Ini Kerap Dianggap Sepele

Strobe Lights

Sumber: furaffinity.net

Terakhir ada strobe lights, lampu berwarna putih ini terpasang pada ujung belakang sayap atau berseberangan dengan navigation lights. Strobe lights merupakan lampu dengan intensitas tinggi yang menyala secara berkala. Lampu ini sendiri biasanya dinyalakan ketika pesawat sudah mendekati landasan untuk landing dan dimatikan setelah lepas landas. Pada kebanyakan kasus, strobe lights digunakan untuk menambah visibilitas pesawat ketika tengah berada di darat.

Leave a Reply