Lakukan Olahraga Selama Perjalanan, Hindari Keram dan Bantu Bakar Kalori

0
Peregangan tubuh(hellosehat.com)

Menghabiskan dengan waktu berjam-jam duduk di dalam kendaraan biasanya akan membuat Anda pegal dan bosan walaupun disuguhkan pemandangan nan indah. Saat itu, Anda seperti membuang-buang waktu tak berguna. Padahal saat dalam perjalanan Anda bisa melakukan olahraga yang selama ini Anda selalu mengatakan tidak punya waktu untuk berolahraga.

Baca juga: Pentingnya Relaksasi di Perjalanan Jauh

Dirangkum KabarPenumpang.com dari caloriebee.com, dalam perjalan jarak jauh, sebenarnya Anda bisa melakukan latihan mudah seperti di gym saat berasa di dalam kendaraan. Biasanya latihan ini untuk membuat peregangan yang nyaman untuk tangan, kaki dan tubuh Anda mennyesuaikan dengan gerakannya. Berikut ini latihan gym yang bisa dilakukan dalam kendaraan saat perjalanan jauh.

dumbbell (SuplemenFitness.net)

1. Dumbbell
Pilih dumbbell berbahan busa dibandingkan berbahan logam. Sebab bila menggunakan bahan logam bila terjadi sesuatu bisa saja menimpa Anda dan membuat luka serta bisa memecahkan kaca jendela. Dumbbell bisa melatih otot yakni mengangkat tangan kanan kiri secara bergantian ataupun bersamaan. Sembari duduk, latihan ini tak memerlukan tempat yang cukup luas, karena hanya tangan yang digerakkan untuk otot bisep dan trisep berkerja dengan baik.

Baca juga: Mau Duduk Nyaman di Bus? Jangan Salah Pilih Kursi

Selain mengangkat kearah depan, dumbbell juga bisa diangkat ke arah kepala. Ini agar otot trisep dan bisep bekerja dengan semestinya.

2. Latihan Isometrik
Latihan yang satu ini dengan hanya duduk semua bisa dilakukan. Letakkan tangan kiri ke sisi kepala, dorong selama 30 detik lepaskan dan lakukan hal itu pada tangan kanan. Letakkan tangan dibagian kepala belakang, dorong kedepan dan lakukan sebaliknya ke arah depan. genggam kedua tangan Anda rapatkan dorong selama 30 detik lepaskan. Untuk melatih kaki Anda, tekan kaki dan pegang, atau tekan lutut dan tahan terus. Anda juga bisa meletakkan tumit satu kaki di atas kaki Anda yang lain dan dorong keduanya. Ulangi dengan kaki lainnya.

Isometrik adalah latihan yang berfokus pada kekuatan melatih otot Anda, latihan ini tak memerlukan banyak tempat, hanya dengan duduk semua tubuh bisa merasakan efeknya.

peregangan punggung (esentrum.com)

3. Latihan Abs
Melakukan abs saat berada di perjalanan sangat bagus dilakukan penumpang dan pengemudi. Latihan ini sangat sederhana untuk otot perut. Anda saat melakukan abs bisa mengangkat pantat dari kursi sembari mengangkan perut dan pantat. Kemudian turunkan kembali tubuh Anda, bila gerakan dilakukan dengan benar pembakaran kalori akan bekerja maksimal.

Peregangan kaki (jagatriview.com)

4. Peregangan Latihan
Latihan peregangan juga harus dilakukan, biasanya untuk meregangkan otot-otot yang kaku selama duduk di perjalanan dengan waktu lama. Anda bisa meregangkan leher dengan duduk yang lurus, kemudian sambil memegang kursi Anda bisa memutar tubuh ke kanan kiri secara bergantian. Putar-putar bahu untuk meregangkan otot tangan. Untuk kaki, Anda bisa mengangkat jari kaki tanpa harus mengangkat tumit dari lantai. Anda juga bisa menggerakkan kaki dan tangan seperti posisi sedang berlari.

Baca juga: Reclining Seat, Ternyata Justru Membuat Susah Penumpang

Sebenarnya dengan gerakan sederhana selama perjalanan panjang, juga bisa membakar kalori di tubuh. Pembakaran kalori dan lemak bisa berjalan bila gerakan sederhana dilakukan dengan benar.

Leave a Reply