Lantaran Bisa Bawa Sial, Sejumlah Maskapai Hilangkan Sejumlah Nomor Bangku

0
Sumber: qantas.com

Bagi Anda yang sering bepergian dengan menggunakan pesawat, pernahkah Anda iseng memperhatikan baris tempat duduk yang tersedia di dalam kabin? Teruntuk maskapai asing, biasanya ada deret angka yang tidak runut yang diberlakukan oleh pihak maskapai, atau ada juga maskapai yang menghilangkan nomor-nomor tertentu karena beranggapan bahwa angka-angka tersebut sebagai angka sial. Nah, siapa dari Anda yang sudah tahu mengenai hal ini? Atau bahkan baru tahu setelah membaca artikel ini? Yuk kita simak maskapai mana saja yang memberlakukan penomoran unik pada setiap armada yang dioperasikannya.

Baca Juga: Jadi Baiknya Sebagai Penumpang Pesawat Duduk di Kursi Mana?

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman news.com.au (4/7/2019), sejumlah maskapai di luar sana seperti Singapore Airlines, Cathay Pacific, Qatar Airways, Emirates, dan United Airlines menolak untuk menggunakan nomor bangku 13 di dalam kabin mereka dan lebih memilih untuk menghapus nomor tersebut – pada maskapai ini menganggap bahwa 13 sebagai angka sial.

Ilustrasi penomoran dari Boeing 777-300 milik Qatar Airways. Sumber: news.com.au

Ketika kebanyakan maskapai memulai penomoran bangku dimulai dengan angka 1, tapi ada juga maskapai yang tidak memulai penghitungan nomor bangku dari angka 1. Sebut saja Boeing747-400 yang dioperasikan oleh AirChina, dimana maskapai ini menomori bangku di baris paling depan di dalam kabinnya dengan angka 11 hingga nomor 14 yang menandakan bahwa itu adalah kelas bisnis. Setelah 14, AirChina akan mulai menomori bangku mereka dengan angka 1, 2, 3 yang merupakan bangku first class, dan menggunakan nomor 31 ke atas untuk menandai bangku kelas ekonomi. Hhmmm, cukup rumit ya penomoran dari AirChina!

Ilustrasi penomoran dari maskapai AirChina. Sumber: news.com.au

Mengingat ada angka 13 yang dianggap ‘keramat’ oleh sebagian maskapai, namun ada juga maskapai lain yang tetap menggunakan angka ini dan tidak menghiraukan soal stigma buruk tentang angka sial ini. Sebagian maskapai yang berasal dari daerah Asia malah enggan menggunakan angka 4 karena menurut kepercayaan mereka, 4 merupakan angka yang dipercaya dapat membawa kesialan.

Sebagai contoh, salah satu maskapai yang tidak menggunakan angka 4 pada bangku penumpang di armada mereka adalah Cathay Pacific. Sementara diluar Asia, ada juga Lufthansa yang tidak menggunakan angka 13 dan 17 pada bangku penumpang di armada mereka yang dilatarbelakangi oleh hal yang sama selayaknya maskapai-maskapai yang sudah disebutkan tadi – membawa sial.

Baca Juga: Dilema Seat Pitch, Maskapai Tambah Untung Penumpang Merana

Tapi tenang saja, kendati penomoran pada bangku-bangku pesawat yang sudah disebutkan di atas ada yang tidak runut atau melompati nomor-nomor tertentu, Anda akan tetap bisa duduk di bangku yang tertera pada tiket Anda dengan cara menunjukkan boarding pass kepada awak kabin ketika proses boarding, dan mereka akan dengan senang hati menunjukkan dimana tempat duduk Anda.

Leave a Reply