Lawan Cuaca Buruk, Pesawat WestJet Tergelincir di Landas Pacu

0
Sumber: cnn.com

Sebuah pesawat penumpang yang dioperasikan oleh maskapai penerbangan yang berbasis di Kanada, WestJet, dikabarkan tergelincir di landas pacu Halifax Stanfield International Airport, tak lama berselang setelah pesawat mendarat pada Minggu (5/1) pagi kemarin. Sebelum kejadian yang bisa saja merenggut nyawa dari keseluruhan awak dan penumpang yang ada di dalam pesawat ini, WestJet Flight 248 ini baru saja menyelesaikan penerbangan dari Toronto. Beruntung, tidak ada korban jiwa maupun luka dari insiden ini.

Baca Juga: Terdampak Cuaca Buruk, Pesawat Carter ini Tergelincir Menuju Jalan Tol

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman cnn.com (6/1), adapun penyebab dari kecelakaan ini adalah landas pacu di Halifax Stanfield International Airport tertutup oleh salju. Ini tampak dari foto yang diunggah oleh salah satu penumpang yang ada di penerbangan tersebut, Eric Wynne. Eric menjadi salah satu dari 172 penumpang dan tujuh awak pesawat yang hampir celaka ini.

“Pihak WestJet bekerja sama dengan otoritas bandara Halifax untuk memastikan keselamatan para penumpang dan kru. Hal ini berlanjut hingga pada saat mereka turun pesawat melalui tangga,” ujar Lauren Stewart, salah satu juru bicara dari WestJet.

Sebenarnya, pihak bandara telah mengeluarkan himbauan agar semua penerbangan yang bergerak menuju Halifax Stanfield International Airport untuk mempertimbangkan kembali perjalanan terkait, mengingat kondisi cuaca pada musim dingin (salju) yang dikhawatirkan bakal berdampak pada penerbangan. Benar saja, jika pihak WestJet memilih untuk membatalkan Flight 248, mungkin kejadian seperti ini tidak akan terjadi.

Menurut penuturan Eric, ia dan penumpang lain sempat mengalami guncangan ketika pesawat touch down.

“Kami merasakan terpaan angin yang cukup kuat sesaat sebelum mendarat,”

“Seketika kami mendarat, tapi apa yang kami rasakan saat itu pesawat seperti tidak melakukan penurunan kecepatan (tergelincir),” sambungnya.

Baca Juga: Nyaris Terjun Ke Laut Mati, Boeing 737-800 Pegasus Airlines Tergelincir Akibat Cuaca Buruk

Pada awalnya, Eric tidak menyangka bahwa pesawat tergelincir, namun ketika ia melihat ke arah luar jendela, ia baru sadar bahwa pesawat telah berada di rerumputan di samping landas pacu utama. Di situlah Eric sadar bahwa pesawat yang ditumpanginya tergelincir keluar landasan.

Terkait kejadian ini, pihak bandara membatalkan tiga penerbangan meninjau dari segi keselamatan.

Leave a Reply