Layaknya Pohon Natal, Ini Alasan Bus AKAP Dihiasi Lampu Warna Warni

0
bus akap dilengkapi lampu warna warni (kompas.com)

Menikmati perjalanan darat untuk bepergian ke suatu destinasi nyatanya tak hanya harus dengan kereta api atau kendaraan pribadi. Sebab bus antar kota antar provinsi atau AKAP pun bisa menjadi pilihan. Mungkin akan merasakan kemacetan bila menggunakan bus, tetapi ternyata banyak hal unik yang bisa didapat saat naik bus AKAP.

Baca juga: Inilah Rumah Makan Favorit Khas Bus AKAP di Sepanjang Pantura

Selain bisa tiba di tempat tujuan langsung, bus AKAP juga memiliki tampilan menarik dan ini biasanya merupakan kreativitas dari industri karoseri nasional. Selain bodi dengan warna cerah dan gambar logo Perusahaan Otobus atau PO, beberapa bus AKAP juga dihiasi dengan variasi lampu di bagian depan, samping dan belakang dengan alasan tersendiri.

Ini membuat bus mirip dengan pohon Natal yang dihiasi lampu kelap kelip sehingga menarik. KabarPenumpang.com merangkum berbagai laman sumber, bagian depan bus akan dipasangi lampu strobo dengan berbagai warna dan terpasang di kaca depan bus.

Selain itu juga ada yang menggunakan lampu LED yang membuat tampilan bus semakin unik bahkan ada tambahan alis LED di sekeliling lampu depan bus. Pada bagian belakang, biasanya ditempeli LED bar yang mengikuti isyarat rem dan lampu sein.

LED bar tersebut juga terpasang pada bagian kisi-kisi penutup mesin belakang. Namun jangan heran jika melihat ada LED yang juga terpasang di bagian bawah atau underglow. Pemasangan LED ini dikatakan Dimas Raditya yang merupakan anggota dari Forum Bismania Indonesia bahwa pemasangan variasi lampu pada bus AKAP dilakukan agar tampilannya menjadi lebih menarik

“Biasanya lampu variasi tersebut digunakan agar penumpang berminat untuk menaiki busnya. Selain itu juga menjadi ciri khas dari masing-masing bus agar dikenal dan diingat,” kata Dimas yang dikutip KabarPenumpang.com dari kompas.com, Minggu (10/5/2020).

Nah, bagaimana dengan biaya modifikasi dengan lampu sebanyak itu? Apakah dari PO bus nya atau dari kantong pribadi masing-masing kru? Ternyata modifikasi ini bukan dari uang PO bus melainkan dari kantong para kru bus sendiri. Meski begitu PO bus juga memberikan modan dan biasanya lebih untuk ke bus pariwisata.

Baca juga: PO Sumber Alam, Bus AKAP Kebanggaan Warga Purworejo

Sedangkan untuk bus AKAP modal dari kru bus tersebut. Walaupun menggunakan lampu variasi pada bagian depan, biasanya kru bus hanya menggunakannya saat berhenti atau memasuki terminal. Jika kembali ke jalan, biasanya kru tidak menyalakan lampu variasinya, kecuali yang ada di bagian belakang.

Leave a Reply