Layani 85,6 Juta Penumpang Per Tahun, Haneda Masih Jadi Bandara Tersibuk di Jepang

0

Tidak bisa dipungkiri bahwa Jepang didaulat sebagai salah satu kiblat perkeretaapian dunia. Namun tidak melulu soal kereta, Jepang juga terkenal sebagai negara dengan tingkat perjalanan udara yang cukup tinggi. Dalam sebuah data yang dirilis oleh Kementerian Lahan, Infrastruktur, Transportasi, dan Pariwisata, tampak jumlah penumpang yang mengudara pada tahun 2017 – penerbangan domestik dan internasional menyentuh angka 257,91 juta penumpang dari 10 bandara kenamaan di sana.

Baca Juga: Haneda, Bandara Terbersih di Dunia Cerminan Budaya Jepang

Dilansir KabarPenumpang.com dari laman nippon.com (13/11/2018), Bandara Haneda menduduki peringkat tertinggi lalu lintas penumpang di 10 bandara tersebut dengan perolehan 85,68 juta penumpang pada rute domestik dan internasional. Di posisi kedua diduduki oleh Bandara Internasional Narita dengan jumlah 38,96 juta penumpang pada tahun 2017 untuk rute domestik dan internasional. Sedangkan di posisi ketiga ada Bandara Internasional Kansai dengan jumlah 28,71 juta penumpang pada tahun 2017.

Sebagai perbandingan, Bandara Internasional Soekarno-Hatta di Cengkareng mencatat angka 63,015 juta penumpang di tahun yang sama – tidak mampu menandingi perolehan angka dari Bandara Haneda. Sebanyak kurang lebih 80 persen penumpang yang mengudara dari Bandara Haneda (sekira 68,6 juta penumpang) tersebut merupakan penumpang penerbangan domestik.

Terlepas dari tujuan para penumpang ini mengudara – untuk urusan bisnis, keluarga, atau wisata, namun angka tersebut cukup menunjukkan bahwa warga Jepang masih lebih memilih menggunakan pesawat ketimbang kereta api yang juga menghubungkan berbagai daerah di Negeri Sakura.

Tingginya angka lalu lintas penumpang di bandara-bandara tersebut mengindikasikan bahwa Jepang tidak hanya unggul di sektor kereta apinya saja, melainkan juga di jalur udaranya. Tercatat, ada 101 bandar udara di Jepang, termasuk dengan bandar udara khusus militer dan bandar udara privat.

Baca Juga: Hokkaido Shinkansen, Bisa Tetap Kebut Walau di Bawah Laut

Sementara itu, untuk jalur penerbangan domestik rute penerbangan Haneda – New Chitose (Sapporo) menduduki peringkat pertama dalam hal jumlah penumpang dengan angka 9,05 juta penumpang di tahun yang sama. Sementara di posisi kedua diduduki oleh rute Haneda – Fukuoka dengan perolehan 8,54 juta penumpang, disusul oleh rute Haneda – Naha dengan jumlah penumpang 5,8 juta penumpang.

Leave a Reply