Layani Rute Eropa, Singapore Airlines Ganti Boeing 777-300ER dengan Airbus A350-900XWB

Boeing 777-300ER milik Singapore Airlines. Sumber: YouTube

Maskapai nasional negeri tetangga, Singapore Airlines dikabarkan baru saja mengubah struktur armadanya untuk rute penerbangan jarak jauh, Singapura – Kopenhagen (Denmark). Dalam hal ini, Singapore Airlines mengganti varian Boeing 777-300ER (Extended Range) dengan varian Airbus 350-900XWB untuk melakoni penerbangan yang terpaut jarak sekitar 9.964 km ini. Wah, apakah penggantian varian pesawat ini ada kaitannya dengan masalah yang tengah menyelimuti tubuh Boeing? Atau memang Singapore Airlines hanya sekedar mengincar efisiensi operasional yang ditawarkan oleh Airbus A350-900XWB?

Baca Juga: Jadi Penumpang Business Class di Boeing 777 Garuda Indonesia, Inilah yang Anda Nikmati

Sebagaimana yang dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, penggantian armada ini sendiri rencananya akan dimulai pada tanggal 28 Oktober 2019 mendatang. Sebelumnya, pihak maskapai telah memberi pertanda bahwa akan ada pergantian armada di tubuh mereka, yaitu dengan penutupan pesanan bangku untuk penerbangan First Class menuju Ibukota dari Denmark ini, sejak awal tahun 2019 kemarin.

Kelak, Singapore Airlines yang menggunakan nomor penerbangan SQ352 untuk rute Singapura – Kopenhagen dan SQ351 untuk rute penerbangan Kopenhagen – Singapura ini akan beroperasi lima kali dalam seminggu.

Di sini, terlihat pihak Singapore Airlines lebih mempercayai produksian Airbus untuk melakoni penerbangan jarak jauh ketimbang Boeing. Sebagai contoh, pada pertengahan Oktober 2018 yang lalu, pihak Singapore Airlines menerbangkan Airbus A350-900ULR (Ultra Long Range) yang menghubungkan Changi International Airport di Singapura dan Newark Liberty International Airport di New Jersey.

Itu hanya sebagai contoh, tapi rencana pergantian armada yang dilakukan oleh Singapore Airlines ini bisa dibilang cukup gila, karena Boeing 777-300ER notabene merupakan pesawat yang cenderung masih bisa dibilang baru dan masih memiliki umur operasi yang cukup panjang. Flag carrier Garuda Indonesia contohnya, saat ini memiliki sejumlah Boeing 777-300ER yang digunakan untuk mengoperasikan rute penerbangan jarak jauh.

Baca Juga: Singapore Airlines Terbangkan Perdana A350-900 ULR ke New York

Garuda Indonesia sendiri mulai mengoperasikan pesawat jenis ini sejak tahun 2013 silam, dan hingga 29 Oktober 2015, maskapai plat merah Indonesia ini sudah mendatangkan pesawat Boeing 777-300ER ke-sembilannya. Ketika Garuda Indonesia masih sangat memberdayakan pesawat yang mampu mengangkut hingga 314 penumpang ini, lalu apa kabar dengan Singapore Airlines yang malah berencana untuk mencoretnya dari daftar armada di tubuh perusahaan?