Lebaran Sudah Dekat, Persiapkan Mudik Gratis Bersama Keluarga

Ilustrasi penumpang mudik

Lebaran seperti sudah dekat di depan mata, sebab setiap masyarakat yang punya kampung sudah berbondong-bondong membeli tiket mudik baik kereta, bus, kapal laut hingga pesawat. Namun, terkadang tiket yang akan dipesan sudah habis atau tiket tambahan harganya lebih tinggi dari biasa. Lalu bagaimana caranya agar bisa mudik aman dan dapat tumpangan gratis? Apalagi bagi pengguna sepeda motor yang memiliki anak lebih dari satu?

Baca juga: Alihkan Tren Mudik Malam Hari di Merak–Bakauheni, Kemenhub Canangkan Dua Jurus Andalan

Ternyata hal ini kemudian membuat beberapa Badan Usaha Milik Negara (BUMN) memberikan tiket mudik gratis bagi masyarakat yang ingin mudik. Nah, untuk ikut mudik gratis ini jangan lupa daftar di https://mudikbumn.co.id.

Tak hanya itu berikut ini beberapa tips dari KabarPenumpang.com agar masyarakat bisa ikut mendapatkan tiket mudik gratis pergi dan pulang.

1. Pemudik hanya daftar satu kali
Setiap pemudik hanya bisa mendaftarkan diri satu kali untuk satu keluarga.

2. Punya kendaraan pribadi dan SIM C
Ini agar pemudik yang sebelumnya memaksakan diri mudik dengan kendaraan pribadi mereka bisa lebih nyaman. Apalagi bila satu keluarga ada empat orang atau lebih agar tidak memaksakan mudik dengan sepeda motor.

3. Peserta paling banyak empat orang
Untuk peserta mudik paling banyak empat orang dan diatas tiga tahun mendapatkan kursi. Anak dibawah tiga tahun bisa ikut tetapi tidak dapat kursi. Keempat peserta memiliki hubungan keluarga dimana terbukti dari kartu keluarga (KK). Pendaftar mudik juga boleh ikut ataupun tidak alias hanya mendaftarkan keluarganya saja.

4. Daftar ulang
Saat melakukan pendaftaran ulang atau verifikasi dokumen, tidak boleh d wakilkan kecuali suami, istri atau anak pemudik yang dewasa. Janga. Lupa bawa KTP, SIM C, STNK dan KK pendaftar sebagai bukti sah saat verifikasi data.

Baca juga: Kerjasama dengan Pemprov Jatim, Daop VII Berikan Tiket Gratis Mudik dan Balik Untuk Lebaran 2019

5. Pilih tanggal dan tujuan mudik
Saat mendaftar online, tanggal dan tujuan peserta mudik tak lagi bisa di ubah. Jadi pilih tanggal yang pas dan tujuan pasti untuk mudik.