Lebih Fleksibel dan Ramah Digital, Volkswagen Rilis Logo Baru

(The Silicon Riview)

Volkswagen yang dikenal dengan singkatan “VW” memperkelankan logo barunya di IAA International Motor Show di Frankfurt. Perilisan logo baru secara perdana ini juga menandai mulainya era baru bagi VW serta presentasi kendaraan ID.31 yang menggunakan listrik pada saat bersamaan. Logo baru VW ini didesain dua dimensi yang datar lebih jelas dan telah dikurangi menjadi elemen-elemen penting.

Baca juga: “Kurang Puas” dengan Mercedes, Lufthansa Ganti Layanan Shuttle Premium dengan Volkswagen

Desain merek dan logo bertujuan untuk fleskibilitas tinggi dan bertujuan untuk aplikasi digital. Penggantian desain merek dan logo baru tersebut akan selesai pada pertengahan 2020 mendatang. Anggota Dewan merek yang bertanggung jawab Jürgen Stackmann mengatakan desain merek baru menandakan dimulainya era baru untuk VW.

Desain merek baru ini akan ada pada mobil penumpang dan kendaraan komerisal VW. Dalam desain merek baru, VW telah menciptakan platform komunikassi otentik untuk presentasi emosional mobilitas elektronik. Ini menunjukkan VW masa depan di bawah moto digital first dan no filter.

“Kami telah menciptakan pengalaman merek global baru yang holistik di semua saluran dan di semua titik sentuh. Sebagai prinsip umum, tujuan di masa depan tidak akan menunjukkan dunia periklanan yang sempurna. Dalam presentasi kami, kami ingin menjadi lebih manusiawi dan lebih hidup, untuk mengadopsi perspektif pelanggan secara lebih luas dan untuk menceritakan kisah-kisah otentik,” kata Jochen Sengpiehl, Kepala Marketing VW yang dikutip KabarPenumpang.com dari avondhupress.ie (13/9/2019).

Bahkan fondasi strategis untuk desain merek baru ini tidak dibuat oleh lembaga eksternal tetapi oleh tim gabungan desain dan pemasaran VW. Desain diimplementasikan dengan integrasi penuh semua departemen perusahaan dalam waktu sembilan bulan dengan menggunakan konsep tenaga listrik yang dikembangkan VW khusus untuk ini.

Ada 19 tim internal dan 17 lembaga eksternal terlibat dalam proyek ini. Selain peluncuran di IAA International Motor Show di Frankfurt, sinyal awal logo baru akan bersinar di gedung tinggi yakni kantor pusat perusahaan di Wolfsburg pada waktu yang sama.

Changeover global sendiri akan diimplementasikan menggunakan pendekatan yang hemat biaya dan konservasi sumber daya. Awalnya lokasi dealer merek di Eropa akan diubah dan kemudian Cina pada Oktober mendatang.

Penggantian ini akan dilaksanakan secara bertahap di Amerika Utara dan Selatan serta seluruh dunia di awal tahun 2020. Rebranding VW menjadi salah satu proyek terbesar dari jenis ini di industri seluruh dunia.

Pada sepuluh ribu fasilitas dealer dan mitra layanan di seluruh dunia dan 70 ribu logo akan diganti. Simbol dan merek dagang akan menjadi logo baru yang lebih modern, lebih jelas dan lebih sederhana.

Hingga saat ini, logo baru itu berwarna biru dan putih dengan warna biru sudah ditambahkan dan memungkinkan varian warna tambahan. Karena aplikasi digital dengan antarmuka yang sederhana dan mudah digunakan menjadi sangat penting, logo akan diposisikan secara fleksibel dengan “bingkai bergerak” yang baru di masa depan.

Alih-alih klaim merek, VW akan memiliki logo suara untuk pertama kalinya. Ini akan membuat merek VW berbeda dalam hal akustik, baik di kendaraan maupun dalam komunikasi. Bahasa visual baru dari merek akan sangat berbeda dari yang disajikan oleh Volkswagen sampai saat ini akan lebih berani dan lebih berwarna dan fokusnya adalah pada orang.

VW tidak akan lagi berkonsentrasi pada perfeksionisme dalam fotografi kendaraan. Di masa depan, tujuan utamanya adalah menghadirkan situasi realistis yang dapat diidentifikasi oleh pelanggan.

Seperti dalam kasus kendaraan, cahaya juga akan memainkan peran kunci dalam komunikasi. Cahaya adalah kromium baru, di masa depan logo akan menyala, di kendaraan, di lokasi merek dan di dealer. Di dealer juga, logo, bingkai bergerak dan cahaya akan memainkan peran kunci, dengan tujuan untuk menciptakan suasana yang menyenangkan.

Baca juga: Volkswagen SEDRIC School Bus, Kendaraan Otonom dengan Balutan “Bus Sekolah”

Selama beberapa dekade, VW telah menggunakan suara pria untuk menghadirkan kendaraannya dan untuk tujuan iklan. Merek sekarang menjadi perempuan dan di hampir semua pasar, seorang wanita dengan suara yang hangat, menyenangkan dan percaya diri akan berbicara untuk VW.