Lebih Jelas Tentang KN95, Masker Standar Cina yang Laris Manis

0
Masker KN95

Semua orang yang keluar rumah saat ini direkomendasikan menggunakan masker dua lapis dengan masker medis dan kain atau menggunakan masker N95 atau KN95. Bahkan setiap penumpang angkutan massal yang tidak menggunakan masker dua lapis atau dua varian itu biasanya akan diingatkan untuk membeli masker tambahan.

Baca juga: Menggunakan Masker Terlalu Lama Bisa Sebabkan Bau Mulut? Cek Tips Ini

Rekomendasi penggunaan masker ini dikarenakan penyebaran virus corona yang lebih cepat. Namun tahukah Anda apa itu masker KN95 dan kenapa aman digunakan untuk pandemi saat ini dengan virus yang bermutasi? KN95 ternyata erat kaitannya dengan N95 dan menjadi yang terakhir disetujui untuk digunakan dalam pengaturan medis di Amerika Serikat.

Masker KN95 merupakan standar Cina dan N95 adalah standar dari Amerika Serikat. Meski begitu kedua varian masker ini dinilai dapat menyaringan 95 persen partikel yang sangat kecil. Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, kehadiran KN95 karena adanya kekurangan alat pelindung diri atau APD di Amerika Serikat di awal pandemi.

Sehingga Centers for Disease Control and Prevention (CDC) mengizinkan penggunaan masker KN95 sebagai alternatif yang sesuai untuk masker N95. Dari bentuknya KN95 mirip dengan N95 tetapi bedanya masker ini memiliki jahitan dibagian tengah yang memungkinkan masker bisa dilipat dua.

Bisa dikatakan KN95 bentuknya mirip tenda sehingga ada sedikit kantong udara antara hidung dan masker. KN95 relatif lebih mudah untuk bernapas dan tidak terlalu menyesakkan saat digunakan. Ini tidak seperti N95 yang menutup semua bagian mulut dan hidung sehingga agak sedikit menyesakkan ketika digunakan.

Meski cara kerjanya mirip, tetapi KN95 diatur oleh organisasi yang berbeda dan menimbulkan beberapa pertanyaan tentang kemanjuran masker ini dalam medis. Dalam sebuah analisis, ditemukan bahwa hingga 70 persen masker wajah yang diimpor dari luas AS tidak memenuhi standar untuk efektivitasnya.

Baca juga: Canggih, Masker ini Bisa Deteksi Virus Corona Saat Pengguna Memakainya dalam Waktu 90 Menit

Namun, masker KN95 tetap lebih baik daripada masker bedah atau masker kain. Di luar penggunaan untuk tenaga kesehatan atau orang yang berisiko tinggi menghadapi Covid-19, masyarakat tetap bisa mengambil manfaat dari penggunaan masker ini. Bahkan, masker KN95 juga disebut lebih protektif dan praktis dibandingkan masker bedah biasa atau masker kain tiga lapis.