Libur Lebaran, MRT Jakarta Jadi “Wahana Hiburan” Favorit Keluarga

0
Penumpang MR di kala libur Lebaran 2019 (liputan6.com)

Masa libur lebaran tak hanya dimanfaatkan orang untuk mudik atau pulang ke kampung halaman masing-masing, tetapi banyak juga warga ibu kota atau daerah penyangga yang menikmati kelenggangan Jakarta. Tak hanya itu, masyarakat juga berbondong-bondong menikmati moda transportasi baru yakni MRT Jakarta yang mengular dari Bundaran Hotel Indonesia hingga ke Lebak Bulus.

Baca juga: Akomodasi Penumpang Pelajar, Pemprov DKI Kaji Tarif ‘Khusus’ di MRT Jakarta

Ternyata pada libur awal Lebaran jumlah penumpang yang tercatat oleh PT MRT Jakarta sebanyak 83 orang dalam sehari. Corporate Secretary Division Head MRT Jakarta Muhammad Kamaluddin mengatakan, pada 3 Juni tercatat ada sebanyak 62 ribu penumpang yang menggunakan MRT Jakarta. Pada 4 Juni 58 ribu penumpang dan 5 Juni 48 ribu penumpang, dimana Kamal mengatakan, saat hari Raya Idul Fitri ramai di sore hari.

“5 Juni di pagi harinya pnumpang masih jarang, karena masih shalat Idul Fitri, baru ramai siang dan sore hari. Tanggal 6 Juninya ada 83 ribu penumpang,” ujar Kamal yang dihubungi KabarPenumpang.com, Jumat (7/6/2019).

Bahkan Kamal mengatakan, pada 8 Juni 2019, penumpang yang menggunakan MRT Jakarta hingga 90 ribu orang dalam sehari. Namun dia mengatakan, ini bukanlah yang tertinggi tetapi pada tarif potongan 50 persen di 3 April lalu sebanyak 116 ribu penumpang.

“90 ribu penumpang cukup tinggi di masa 100 persen tarif ini. Selain itu tanggal 3 Mei dan 10 Mei kemarin juga pernah di atas 90 ribu penumpang dalam seharinya,” tambah Kamal.

Kereta MRT Jakarta tetap melayani masyarakat selama libur Lebaran, termasuk pada hari pertama dan kedua Lebaran. Lonjakan penumpang pada hari kedua Lebaran itu melampaui rata-rata jumlah penumpang di hari kerja dan libur pada bulan lalu.

“Rata-rata jumlah penumpang per hari pada akhir pekan bulan lalu sekitar 50 ribu orang per hari, sedangkan pada hari kerja sekitar 77 ribu penumpang per hari,” tutur dia.

Baca juga: Masa Promosi Berakhir, Mulai 13 Mei MRT Jakarta Terapkan Tarif Normal

Bisa dikatakan, meski dalam tarif penuh atau tidak ada diskon, moda transportasi baru ini diminati masyarakat yang tengah menikmati liburan di ibukota. Selain cepat, MRT Jakarta juga memiliki integrasi yang cukup dengan moda transportasi lainnya seperti TransJakarta atau Commuter Line.

Leave a Reply