Lima Fakta Unik dari Shinkansen yang Mungkin Anda Belum Tahu!

0
sumber: cnn

Siapa sih yang tidak kenal jaringan kereta super cepat asal Jepang, Shinkansen? Ya, kereta luar biasa yang seolah sudah menjelma menjadi ikon dari perkeretaapian Jepang ini memang sudah bukan kagi menjadi sarana mobilisasi penumpang di Jepang, melainkan sudah menjadi daya tarik tersendiri bagi turis. Kendati bisa menembus kecepatan hingga lebih dari 300 km per jam, namun kereta ini tetaplah senyap dan minim sekali guncangan.

Baca Juga: Wow, Kereta Shinkansen Ada di Restoran Indonesia!

Membahas Shinkansen memang tidak akan ada habisnya. Walaupun ada banyak aspek yang bisa dibahas, tahukah Anda ada beberapa fakta menarik dari Shinkansen yang mungkin Anda belum tahu? Berikut KabarPenumpang.com bahas tentang lima fakta menarik dari Shinkansen yang dirangkum dari laman ceoworld.biz.

Sejak 1964
Bagi Anda yang mengira Shinkansen ini baru ada sejak abad ke-20, maka Anda salah besar karena sesungguhnya kereta ini sudah ada sejak tahun 1964 silam – hasil kreasi dari Kepala Insinyur Kereta Api Negara, Hideo Shima. Ketika Jepang sudah mulai mengembangkan kereta super cepat ini, di tahun yang sama, Indonesia masih memberantas sejumlah gerakan separatis yang dilakukan oleh kaum pribumi.

Tahan Gempa
Jepang tekenal sebagai negara dengan frekuensi gempa yang sangat intens. Maka dari itu, dalam pengembangan Shinkansen, para insinyur mendesain kereta ini agar tahan terhadap guncangan gempa berskala besar sekalipun. Jika gempa saja tidak bisa menggoyangkan kereta ini, maka secara otomatis guncangan yang dihasilkan oleh kinerja mesin sudah jelas tidak akan terasa ketika Anda berada di dalam Shinkansen. Keren, ya!

Sangat Tepat Waktu
Tidak berbeda jauh dengan jaringan perkeretaapian lainnya di Jepang, Shinkansen juga menganut prinsip tepat waktu yang sangat tinggi. Mungkin Anda akan tercengang ketika mendengar rata-rata keterlambatan yang terjadi di Shinkansen hanya berkisar di angka 54 detik saja – itu sudah termasuk delay akibat cuaca ekstrem.

Kebersihan yang Selalu Terjaga
Selain menyandang predikat sebagai jaringan kereta yang paling tepat waktu di dunia, tidak bisa dipungkiri bahwa Shinkansen juga merupakan kereta terbersih yang ada di dunia. Shinkansen memiiki kru kebersihan yang diberinama Shinkansen Theatre, dimana mereka mampu membersihkan keseluruhan kereta hanya dalam waktu tujuh menit saja!

Baca Juga: Di Shinkansen, Toleransi Antar Penumpang Kereta Begitu Kuat

Tidak Pernah Habis
Jangan kira Shinkansen hanya tersedia dalam beberapa armada saja. Pada kenyataannya, Shinkansen mengoperasikan lebih dari 800 kereta per hari dengan interval waktu keberangkatan tiga menit. Jadi, Anda tidak akan pernah ketinggalan kereta!

 

Leave a Reply