Wednesday, April 17, 2024
HomeAnalisa AngkutanLima Kecanggihan Pesawat Kepresidenan Air India One, Nomor Dua Tak Ada di...

Lima Kecanggihan Pesawat Kepresidenan Air India One, Nomor Dua Tak Ada di Indonesia One

Kemarin, PM Narendra Modi bertolak ke Amerika Serikat (AS) menggunakan pesawat kepresidenan India yang berbasis Boeing 777 VVIP, Air India One. Di AS, Modi diagendakan bertemu Presiden Joe Biden, Wakil Presiden Kamala Harris, yang juga keturunan India, Perdana Menteri Australia Scott Morrison, Perdana Menteri Jepang Yoshihide Suga, dan sejumlah petinggi negara lainnya.

Baca juga: Intip Kecanggihan Pesawat Dinas Presiden Erdogan, Punya Sistem Pertahanan Anti Rudal

Sebagai negara terluas keempat di dunia, negara dengan penduduk terbanyak kedua di dunia setelah Cina, negara dengan perekonomian terkuat keempat di dunia setelah AS, Cina, dan Jepang, serta negara dengan PDB tertinggi ketiga di dunia setelah Cina dan AS, pemimpin India rawan sabotase dari para musuh. Karena itu, dibutuhkan berbagai fitur canggih di pesawat Boeing 777 VVIP Air India One.

Dilansir zeenews.india.com, setidaknya, ada lima fitur canggih dalam memastikan keamanan dan kenyamanan di pesawat yang melayani Presiden, Wakil Presiden, dan Perdana Menteri India itu. Apa saja?

1. Sistem keamanan anti hacker dan anti rudal

Air India One memiliki sederet fitur canggih dalam menangkal serangan siber. Pesawat ini juga memiliki sistem pertahanan anti rudal Large Aircraft Infrared Countermeasures (LAIRCM).

Ini tentu bukan fitur keamanan langka mengingat pesawat VVIP negara lain seperti Air Force One, Air Force One Rusia, dan lain sebagainya, termasuk pesawat kepresidenan Indonesia -Indonesia One- yaitu CAMS (Civilian Aircraft Missile Protection System)

2. Self-Protection Suits (SPS)

Pesawat VVIP Air India One juga dilengkapi dengan fitur keamanan lain berupa Self-Protection Suits (SPS). Sistem pertahanan ini berfungsi mengganggu sinyal radar musuh dan mengelabui rudal yang mengarah ke pesawat.

3. Sistem komunikasi canggih

Dilengkapi dengan sistem komunikasi canggih yang memungkinkan penggunaan fungsi komunikasi audio dan video di udara terenkripsi tanpa bisa diretas.

4. Dilengkapi ruang konferensi dan pusat kesehatan

Urusan Presiden, Wakil Presiden, dan Perdana Menteri India terkait negara tentu tak bisa ditunda, termasuk jika terjadi keadaan darurat terhadap kesehatannya.

Baca juga: Intip Ilyushin Il-96 Air Force One Rusia, Punya Sistem Pertahanan Anti Rudal dan Kursi Lontar

Karena itu, pesawat kepresidenan India juga dilengkapi dengan ruang konferensi dan pusat kesehatan. Andai dalam perjalanan lintas benua dengan jarak tempuh belasan jam, pertolongan pertama dan komunikasi terhadap pejabat terkait bisa tetap dilakukan.

5. Jangakaun terbang hingga 17 jam, diawaki oleh pilot militer khusus

Pesawat kepresidenan Air India One mampu terbang dari India ke AS tanpa perlu transit untuk mengisi bahan bakar. Pesawat setidaknya mampu terbang selama 17 jam dalam keadaan bahan bakar penuh. Selain itu, Air India One juga diawaki oleh pilot yang dilatih khusus dari Angkatan Udara India.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru