Tuesday, April 16, 2024
HomeHot NewsLima Manuver Pesawat yang Membentuk Gambar di Langit Selama Pandemi Covid-19, Nomor...

Lima Manuver Pesawat yang Membentuk Gambar di Langit Selama Pandemi Covid-19, Nomor 4 “Jorok”

Layanan flight tracking seperti FlightRadar24, RadarBox, FlightAware memungkinkan siapapun melacak penerbangan secara real time. Namun, seiring berjalan waktu layanan flight tracking digunakan untuk membentuk sebuah gambar atau tulisan lewat jalur penerbangan mereka.

Baca juga: Setelah ‘Tulis’ Pesan Cuci Tangan, Kini Pilot Ingatkan Pesan ‘Stay Home’ di Langit

Sejak wabah Covid-19 ditetapkan sebagai pandemi pada Maret 2020, ada beberapa penerbangan atau manuver spesial pesawat yang membentuk lukisan atau gambar di langit. Dikutip dari Simple Flying, berikut selengkapnya.

1. Wash hand atau cuci tangan

Seorang pilot di Sydney, Australia, mendadak viral di media sosial di awal-awal pandemi pada Maret 2020 setelah melakukan cara tak biasa untuk mengingatkan masyarakat setempat agar senantiasa menjaga kebersihan di tengah merebaknya Covid-19.

Lewat manuver di langit Kota Sydney, pesawat itu mengeluarkan asap putih atau condensation trail (contrail) yang membentuk tulisan ‘wash hand’ alias cuci tangan. Meski tidak ada gambar yang dibentuk di FlightRadar24, namun, manuver yang dilakukan seharusnya membentuk gambar serupa di flight tracker.

2. Stay at home atau di rumah saja

Seorang pilot di Austria ‘menulis pesan stay home’ di langit dengan cara digital atau skywriting digital. Foto: Flightradar24 via CNN Travel

Berbeda dengan pilot di Australia, pilot di Austria benar-benar membentuk tulisan ‘stay at home’ lewat jalur penerbangannya di Flightradar24. Dalam aksinya, pilot menulis pesan itu lewat penerbangan dengan durasi 24 menit pada hari Senin. Ia diketahui lepas landas dari bandara di Wiener Neustadt, Austria, sekitar 50 mil selatan Wina, Maret 2020.

3. Logo Kanguru Qantas

Setelah 50 tahun mengudara, Boeing 747-400 Qantas akhirnya resmi pensiun dan dikirim ke kuburan pesawat di Boneyard, Gurun Mojave, Southern California, Amerika Serikat (AS), pada akhir Juli 2020.

Uniknya, sebelum benar-benar berpisah, pilot pesawat menyempatkan diri mengajak jet jumbo ikonik Boeing itu keluar dari jalur (tentu dengan dipandu ATC) untuk membentuk gambar di langit (jika dilihat dari FlightRadar24 berbentuk kanguru yang notabene merupakan logo Qantas.

4. Gambar kemaluan laki-laki

Entah apa yang ada dipikiran dua pilot Pobeda, pada November 2020, ia membentuk gambar tak biasa di langit. Bila pilot-pilot lain dengan manuvernya di langit membentuk gambar atau tulisan yang mencerahkan, keduanya justru membentuk gambar kemaluan laki-laki.

Baca juga: Pesawat Pakai Masker Kini Jadi Kenyataan!

Disebutkan, keduanya melakukan itu sebagai bentuk protes atas sanksi yang diberikan kepada dua pesepakbola Tim Nasional Rusia. Kedua pilot itu akhirnya dipecat.

5. Love

Manuver pesawat membentuk gambar love secara digital dari jejak penerbangan mereka di FlightRadar24. Foto: FlightRadar24

Pada April 2020, Boeing 767 Icelandair membentuk gambar love di langit saat perjalanan pulang ke Islandia dari Cina. Jelang landing, pesawat turun ke ketinggia 2.500 kaki di sebelah tenggara ibu kota Islandia, Reykjavik, dan terbang membentuk love di langit atau di FlightRadar24 selama 12 menit sebelum melanjutkan proses pendaratan.

RELATED ARTICLES
- Advertisment -

Yang Terbaru