Setelah ‘Tulis’ Pesan Cuci Tangan, Kini Pilot Ingatkan Pesan ‘Stay Home’ di Langit

0
Seorang pilot di Austria ‘menulis pesan stay home' di langit dengan cara digital atau skywriting digital. Foto: Flightradar24 via CNN Travel

Dunia berlomba-lomba melawan wabah virus corona. Beragam cara dilakukan oleh banyak negara serta masyarakatnya dari berbagai kalangan, mulai dari selebgram, youtuber, hingga pilot sekalipun tak ingin ketinggalan untuk memberikan pesan positif melawan penyebaran virus corona.

Baca juga: Sering Lihat Pesawat Mengeluarkan Asap Putih? Ini Dia Penjelasannya

Belum lama ini, seorang pilot di Sydney, Australia, mendadak viral di media sosial setelah melakukan cara tak biasa untuk mengingatkan masyarakat setempat agar senantiasa menjaga kebersihan di tengah merebaknya Covid-19.

Lewat manuver di langit Kota Sydney, pesawat itu mengeluarkan asap putih yang membentuk tulisan ‘wash hand’ alias cuci tangan. Pesan tersebut tentu sangat sejalan dengan berbagai protokol kesehatan di banyak negara di seluruh dunia yang salah satu di antaranya menekankan pentingnya mencuci tangan sebelum dan sesudah menyentuh benda apapun. Terlebih di tengah wabah virus corona seperti sekarang ini.

Dilansir CNN Travel, seolah tak ingin ketinggalan, seorang pilot di Austria pun melalukan langkah serupa. Bedanya, bila pilot di Australia tersebut melakukannya dengan condensation trail (contrail), yaitu efek alami dari kondensasi udara dingin yang secara tiba-tiba menjadi hangat akibat pembakaran mesin lalu mengandung uap air dan terbentuklah gumpalan awan, pilot di Austia tersebut ‘menulis pesan stay home’ di langit dengan cara digital atau skywriting digital.

Sayangnya, pesawat tersebut tanpa disertai kejelasan data diri pilot. Sepertinya, ia menggunakan Etch A Sketch untuk mengeja tulisan dengan pesan ‘Stay Home’ di situs radar penerbangan, Flightradar24. Dalam aksinya, pilot menulis pesan itu lewat penerbangan dengan durasi 24 menit pada hari Senin. Ia diketahui lepas landas dari bandara di Wiener Neustadt, Austria, sekitar 50 mil selatan Wina.

Baca juga: Pramugari Hibur Penumpang dengan Cara Unik Di Tengah Penerbangan yang Nyaris Kosong

Sama halnya dengan pesan pilot di Austalia, pesan pilot di Austria tersebut juga sangat sejalan dengan protokol kesehatan di seluruh dunia. Selain melakukan social distancing, langkah untuk memutus rantai penyebaran Covid-19 salah satunya dengan berdiam diri di rumah atau stay home. Hal itu setidaknya dapat dilihat dari beberapa negara yang telah menerapkan kebijakan lockdown yang poin terpentingnya adalah stay home.

Hingga Kamis lalu, sebanyak 1.843 warga Austria tercatat telah terjangkit virus Corona. Hal itu pun dibenarkan oleh salah satu pejabatnya. Dengan banyaknya kebijakan lockdown atau stay home, diharapkan rantai penyebaran virus corona dapat terputus dan virus tersebut dapat benar-benar segera lenyap dari muka bumi.

Leave a Reply