Pesawat Pakai Masker Kini Jadi Kenyataan!

0
Boeing 747-8 Cargolux Airlines pakai masker. Foto: straitstimes.com

Update kasus virus corona di dunia semakin mengkhawatirkan. Per hari ini, sudah ada total 25,8 juta orang terjangkit Covid-19 di seluruh dunia, dengan 17,1 juta di antaranya sembuh dan sisanya, 859 ribu jiwa meninggal dunia.

Baca juga: Dorong Warga Pakai Masker, Jerman Larang Penggunaan Deodoran di Transportasi Umum

Setelah enam bulan, perkembangan pandemi virus yang diduga berasal dari Wuhan, Cina ini belum ada tanda-tanda melambat atau bahkan musnah dari muka bumi. Betapa tidak, belakangan, laporan mutasi virus corona yang disebut 10 kali lebih kuat terdengar dimana-mana. Belum lagi vaksin virus corona yang masih belum tersedia hingga temuan reinfeksi (terinfeksi dua kali) di beberapa negara, mau tak mau makin membuat dunia menjadi waspada.

Selagi belum tersedia vaksin, tak ada yang bisa dilakukan masyarakat dalam mencegah penyebaran virus corona kecuali menerapkan protokol kesehatan, seperti memakai masker dengan benar, menjaga jarak, dan rajin mencuci tangan sebelum menyentuh area wajah. Dari ketiga itu, para peneliti menyebut masker menjadi kunci dunia dalam menahan laju penyebaran corona.

Atas dasar tersebut, dunia pun berpacu dengan waktu untuk terus mengkampanyekan penggunaan masker dengan beragam cara, salah satunya lewat media pesawat.

Belum lama ini, sebuah pesawat Boeing 747-8 Cargolux Airlines terlihat mengenakan ‘masker’ dalam upaya melawan virus corona. Pesawat dengan nomor penerbangan CLX 7952 tersebut kedapatan mengenakan ‘masker’ yang menutupi hidung pesawat, saat mendarat di Bandara Changi, Singapura, pada Kamis, 27 Agustus lalu; atau empat bulan pasca penggunaan masker diwajibkan di seluruh dunia sejak 14 April.

Dilansir straitstimes.com, pesawat mengenakan ‘masker’ tersebut merupakan yang pertama mendarat di Bandara Changi. Sebelumnya, Boeing 747-8 Cargolux Airlines terlebih dahulu melaksanakan perawatan rutin di Taipei dan transit di Changi sebelum kembali ke basis mereka di Luksemburg via Baku, Azerbaijan.

Momen pesawat Boeing 747-8 Cargolux Airlines mengenakan masker ini benar-benar spesial sampai Perdana Menteri Luksemburg, Xavier Bettel dan Wakilnya, François Bausch, menyempatkan diri untuk melakukan prosesi penyambutan pesawat secara sederhana.

Dalam sebuah pernyataan, juru bicara Cargolux mengatakan, pesawat bermasker tersebut untuk menujukkan partisipasi perusahaan dalam “mengkampanyekan penggunaan masker bersama pemerintah Luksemburg di tengah-tengah pandemi corona seperti sekarang ini,” jelasnya.

Baca juga: Duuh.. Penumpang Pesawat ini Gunakan Pakaian Dalam Sebagai Masker Wajah

Sebelum pesawat dengan livery dominan putih bertuliskan “Not Without My Mask” dan dilengkapi cat biru menyerupai masker di bagian hidung ini tampil, sudah lebih dahulu marak di media sosial pesawat menggunakan masker di bagian hidung, persis menyerupai ‘masker’ Boeing 747-8 Cargolux Airlines saat ini. Hanya saja, gambar (pesawat bermasker) yang beredar di media sosial merupakan hasil editan, bukan fakta di lapangan.

Penggunaan masker pada pesawat Boeing 747-8 Cargolux Airlines tentu bukan yang pertama di dunia. Sebelumnya, Pobeda Airlines (anak perusahaan Aeroflot, Rusia) dan United Airlines sudah lebih dahulu mengenakan masker di bagian hidung pesawat.

Leave a Reply