Luggage Wrapping di Bandara, Seberapa Besarkah Perannya Untuk Melindungi Koper Anda?

Sumber: Youtube.com

Dewasa ini, sudah banyak bandara yang menyediakan layanan wrapping yang dikhususkan untuk barang bawaan Anda yang akan dimasukkan ke dalam bagasi. Ya, layanan ini biasanya ditempatkan tidak jauh dari check in counter yang dimaksudkan untuk memudahkan Anda untuk menggunakannya. Namun pernahkah terlintas di benak Anda, “Seberapa penting sih layanan wrapping ini?” Akankah balutan plastik tipis pada koper Anda ini akan melindungi isinya?

Baca Juga: Kurangi “Lost Luggage,” Amerika Serikat Berlakukan Pelacakan Barang dari Bagasi

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman traveller.com.au, adapun tujuan utama dari hadirnya layanan wrapping semacam ini adalah untuk memastikan keamanan barang bawaan Anda yang hendak masuk ke dalam bagasi. Aman di sini bukan berarti tahan terhadap bantingan, atau terbakar – namun lebih kepada jaminan agar koper Anda tidak dibongkar oleh oknum bandara yang belakangan ini kerap menjadi perbincangan di media sosial.

Setidaknya, dengan merogoh kocek sebesar US$10 (Rp148.000) hingga US$15 (Rp222.500), Anda bisa menjamin koper Anda aman dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab yang kerap menjadi momok menakutkan bagi Anda untuk menaruh koper tersebut di bagasi.

Selain untuk menjamin keamanan barang bawaan Anda dari tangan-tangan tidak bertanggung jawab, fungsi lain dari layanan wrapping ini adalah untuk menjaga koper Anda dari penangangan bagasi yang kasar, kehujanan saat loading, atau ketumpahan cairan selama proses loading. Ini bukanlah perkara baru di dunia aviasi, mengingat banyaknya kasus yang menjurus pada kerusakan koper akibat sejumlah proses di atas.

Jika Anda melihat ada orang di bandara yang menggunakan layanan wrapping ini, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba layanan serupa. Toh sejumlah uang yang Anda keluarkan itu bisa dibilang tidak sebanding dengan isi yang ada di dalam koper, bukan? Terlebih semisal Anda membawa barang berharga di koper, sangat disarankan untuk menggunakan layanan wrapping ini.

Baca Juga: Koper Anda Hilang atau Tertukar? Baggage Claim Jadi Solusinya

Namun pada akhirnya, penggunaan layanan wrapping ini bukanlah jaminan utama keamanan isi dari koper Anda. Satu hal yang dapat Anda lakukan untuk menjamin keamanan dari isi koper Anda adalah jangan pernah menyimpan barang-barang berharga di dalamnya, seperti laptop, kamera, parfum, atau bahkan perhiasan.

Alangkah baiknya jika Anda sedikit ribet dengan membawa semua barang berharga ke dalam kabin dan tetap berada di bawah pengawasan Anda. Dengan begitu, keamanannya lebih terjamin ketimbang harus membungkus koper Anda dengan layanan wrapping tersebut.