Lyfe Watch, Mudahkan Bayar MRT dan TransJakarta Hanya dengan Sekali Tap

Lyfe Watch

Menggunakan transportasi umum baru seperti Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta, pembayarannya hanya bisa dilakukan dengan kartu uang elektronik. Hal ini selain memudahkan, juga mempercepat akses penumpang tanpa harus mengeluarkan uang. Namun bagaimana jika ada yang lebih memudahkan dengan media sebuah jam tangan dan bisa membayar segalanya serta membantu pengguna menjalani gaya hidup sehat? Baru-baru ini sebuah start-up Lyfe menggandeng PT Bank Nasional Indonesia (BNI) meluncurkan Lyfe Watch.

Baca juga: FeliCa, Gelang Ajaib Berbasis Chip Untuk Transaksi Komuter Jabodetabek

Ini adalah sebuah alat pembayaran pertama di Indonesia yang juga sebuah jam. Peluncuran Lyfe Watch sendiri pada 5 Juli 2019 kemarin saat HUT BNI ke-73. KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, Lyfe Watch akan dilengkapi dengan teknologi Near Field Communication (NFC) dan teknologi pembayaran non-tunai (cashless) TapCash yang memungkinkan pengguna membayar berbagai kebutuhan sehari-hari tanpa mengeluarkan uang dari dompet.

Kehadiran Lyfe Watch ini sendiri dirancang untuk menunjang aktivitas masyarakat Indonesia khususnya ibu kota Jakarta yang memiliki mobilitas tinggi.

“Segala hal perlu dilakukan secara cepat dan aman. Smartwatch ini dapat digunakan untuk membayar tiket MRT dan bus TransJakarta,” kata Indra Darmawan, CEO Lyfe.

Tak hanya itu, Lyfe Watch juga bisa untuk pembayaran parkir di Gelora Bung Karno dan beberapa stasiun besar, belanja di minimarket dengan EDC TapCash hingga berlibur ke tempat rekreasi yang sudah bekerja sama. Penggunaannya pun cukup mudah yakni pengguna hanya menempelkan Lyfe Watch di mesin pembaca dan semua transaksi bisa selesai dalam sekejap.

Pengisian saldonya pun mudah yakni melalui aplikasi BNI Mobile atau TapCash Go. Selain menjadi jam tangan pembayaran, Lyfe Watch juga berfungsi sebagai fitness and health tracker untuk mendukung gaya hidup sehat pengguna. Lyfe Watch dilengkapi dengan fitur step counter, heart rate and blood pressure monitor, hingga calorie tracker.

“Seluruh fitur Lyfe Watch ini bisa disinkronisasi dengan Lyfe App, sehingga data kondisi tubuh dapat disimpan dan dipantau dengan lebih akurat. Kami sangat bangga meluncurkan wearable payment pertama di Indonesia. Harapan kami, Lyfe Watch bisa menjadi salah satu metode pembayaran alternatif dan game changer di tengah masyarakat Indonesia yang sudah mulai mengimplementasikan cashless di kehidupan sehari-hari, ujar Singgih Akbar Prakoso, Vice President Lyfe.

Baca juga: Microchip Implan Digunakan Untuk Pembayaran Tiket Kereta di Swedia

Kehadiran Lyfe Watch ini sendiri mengingatkan dengan gelang Felica (Gelang Multi Trip milik KCI). Gelang ini sendiri bisa digunakan untuk melakukan pembayarna hanya dengan mentapnya ke mesin yang tersedia. Sayangnya gelang Felica tersebut hanya berfungsi untuk naik kereta listrik (KRL) bukan untuk yang lainnya seperti Lyfe Watch.

Solusi Lyfe Watch tentu menarik, kemudian yang jadi pertanyaan adalah berapa harganya? Indra Darmawan menyebut harga dan spesifikasi Lyfe Watch akan dirilis pada akhir Juli 2019 ini.