Malaga, Kota Pertama di Eropa yang Operasikan Bus Listrik Otonom di Jalan Raya

0
Bus otonom milik Irizar yang akan meluncur di jalanan Malaga, Spanyol (New Mobility)

Menjadi yang pertama di Eropa, Spanyol akan mulai meluncurkan bus listrik otonom di jalanan kota. Bus ini merupakan milik Irizar yang akan diberikan kepada dewan kota Malaga dan digunakan dalam beberapa bulan oleh Avanza di Malaga.

Baca juga: Harapan untuk Transportasi Jakarta, Ada Bus Listrik dengan Teknologi Pantograf

Bus listrik otonom tersebut memiliki body yang besar dengan panjang 12 meter dan memiliki kapasitas 60 orang. KabarPenumpang.com melansir laman insideevs.com (30/1/2020), layanan reguler bus tersebut akan meluncur dari pelabuhan menuju pusat kota di Malaga.

Uniknya, bus milik Irizar ini bisa dikemudikan dengan dua mode yakni manual dan otomatis (autopilot). Untuk mode otomatis Irizar akan memantau dari pusat kendali.

“Bus otonom pertama ini adalah buah dari Proyek AutoMost yang didanai oleh CDTI (Pusat Pengembangan Teknologi Industri) Kementerian Ekonomi Spanyol yang bertujuan untuk mengembangkan teknologi untuk otomatisasi kendaraan dalam aplikasi transportasi perkotaan dan industri, untuk membuat peningkatan yang signifikan dalam efisiensi, keselamatan dan keberlanjutan. Avanza berpartisipasi sebagai operator dengan 11 mitra, termasuk Irizar Group melalui Irizar e-mobilitas dan Datik,” kata Hector Olabegogeaskoetxea, Direktur Utama Irizar e-mobilitas.

Dia mengatakan, proyek ini juga memiliki partisipasi dari politeknik Universitas Madrid, Insia, CEIT-IK4 dan Universitas Vigo. Hector menjelaskan, Malaga akan menjadi kota pertama yang menggunakan bus otonom yang akan meluncur di sepanjang jalan dari pelabuhan ke pusat kota.

Bus listrik otonom tersebut akan mentransfer penumpang kapal pesiar yang tiba untuk melanjutkan perjalanan mereka ke ibukota Malaga. Dengan mode otomatis, bus akan menggunakan penentuan posisi dan sistem panduan berpresisi tinggi dan akan terhubung ke pusat kontrol dari instruksi spesifik dapat dikirim ke setiap unit dan bus dapat dipantau dan rencana perjalanan mereka diakses secara real time.

“Setelah tiga tahun bekerja, uji coba diluncurkan di Malaga. Seperti dikomentari, inovasi utama AutoMost adalah menempatkan kendaraan ukuran standar ke dalam sirkulasi dalam situasi lalu lintas nyata di kota dan bukan di ruang yang dipesan atau di area terbatas,” kata Hector.

Baca juga: Kurangi Emisi, Pemerintah Sydney Bakal Ganti 8000 Bus Diesel Menjadi Bus Listrik

“Kami percaya bahwa bus ini siap untuk memulai uji coba dalam kondisi operasi nyata di jalan raya umum, dalam situasi lalu lintas nyata di kota Malaga. Ini adalah tes pertama jenis ini dengan bus sebesar ini di Spanyol. Tes ini tidak diragukan lagi akan memberikan data dan pengalaman dalam operasi praktis sehari-hari, yang akan berkontribusi pada kemajuan dalam tantangan besar ini untuk masa depan Grup Irizar,” tambahnya.

Leave a Reply