Mampu Angkut 250 Penumpang, BYD Automobile Luncurkan Bus Listrik Terpanjang di Dunia

BYD K12A. Sumber: newatlas.com

Perusahaan otomotif asal Cina yang berpusat di Shenzhen, BYD Automobile Co Ltd dikabarkan baru saja merilis sejumlah armada bus listrik di tahun 2019 ini. Salah satu yang paling fenomenal dan menyedot perhatian publik adalah bus listrik yang menyandang predikat sebagai yang terpanjang di dunia – BYD K12A all-electric bus. Tidak tanggung-tanggung, panjang dari bus gandeng tiga ini mencapai 88,5 kaki atau yang setara dengan 27 meter. Kira-kira, apa saja yang yang ditawarkan BYD melalui K12A all-electric bus ini?

Baca Juga: Entaskan Kemacetan, BYD Luncurkan Straddle Monorail Perdana di Yinchuan

Sebagaimana yang dikutip KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, BYD K12A all-electric bus ini rencananya akan digunakan untuk beroperasi di TransMileno, Kolombia. Bus low deck yang didesain untuk mengangkut 250 penumpang ini sendiri diperkenalkan di markas BYD di Shenzhen pada Selasa, 2 April 2019 kemarin.

Interior dari BYD K12A. Sumber: newatlas.com

Dengan daya angkutnya tersebut, bus ini tentu memerlukan tenaga besar untuk bus melakukan akselerasi di jalanan. Dalam hal ini, BYD nampaknya tidak main-main, komponen di dalamnya diseting cukup baik, bahkan diklaim dapat menggerakkan kendaraan hingga kecepatan 70 km per jam. Bus bi-akulturasi ini merupakan bus pertama yang dilengkapi dengan pengaturan 4-wheel drive (4WD). Maka tidak heran jika bus ini mampu melesat dengan kecepatan yang bisa dibilang cukup ngebut.

Masih berkaitan dengan daya mesin, penggunaan body berbahan material alumunium membuat bus ini lebih gesit dan lebih ringan ketika mengular di jalanan – namun kekuatan dari bodynya sendiri cukup mumpuni.

Ruang kemudi BYD K12A. Sumber: newatlas,com

“BYD kembali menggunakan teknologi ini, produk reliable dan solusi inovatif yang mampu menyelesaikan dua masalah urban, kemacetan dan polusi. K12A membawa sistem BRT lebih ramah lingkungan, sekaligus mengizinkan penumpang menikmati kesenyapan, perjalanan bebas polusi dan secara bersamaan pengurangan biaya perawatan signifikan bagi operator,” terang Senior Vice President BYD, Stella Li dalam keterangan resminya.

Baca Juga: BYD K9 – Inilah Bus Listrik untuk Koridor 13 TransJakarta

Pihak BYD sendiri mengatakan bahwa bus ini memang sengaja dikembangkan untuk sistem Bus Rapid Transit (BRT) global yang sudah pasti ramah lingkungan. Penggunaan baterai yang menjadi penggerak utama bus ini memungkinkan BYD K12A all-electric bus untuk bepergian hingga maksimal 300km dalam kondisi baterai terisi penuh.

“K12A akan menyajikan perjalanan nol emisi dengan menggunakan BRT, itu menandakan bahwa penumpang dapat menikmati perjalanan yang tenang dan bebas polusi. Selain itu, para operator yang menggunakan bus ini juga dapat mereduksi bea pengoperasian secara signifikan,” tandas Stella Li.

Sebelumnya, BYD juga telah memamerkan bus listriknya pada pagelaran Busworld South East Asia 2019 – BYD K9. Rencananya bus ini akan beroperasi di Indonesia, tepatnya dioperasikan oleh PT Transportasi Jakarta (TransJakarta) untuk mengakomodasi penumpang di koridor 13 (CBD Ciledug – Kapten Tendean).