Manchester Liverpool Road, Stasiun Tertua di Dunia yang Masih Berdiri dan Kini Menjadi Museum

0
Manchaster Liverpool Road

Tahukah Anda stasiun kereta api tertua di dunia ternyata ada di kota Manchester, Inggris, di mana semua layanan diangkut oleh lokomotif uap terjadwal. Stasiun ini bernama Manchester Liverpool Road yang masih ada sampai saat ini.

Baca juga: Stasiun Da Lat dengan Desain Antik Perancis, Andalan Wisata Kereta Vietnam

Stasiun ini merupakan stasiun kereta api di Liverpool dan Manchester Railways di Manchester, Inggris yang dibuka pada 15 September 1830. Dirangkum KabarPenumpang.com dari berbagai laman sumber, stasiun ini ditutup untuk layanan penumpang pada 4 Mei 1844 ketika jalur kereta diperpanjang untuk brgabung dengan Kereta Api Manchester dan Leeds di Hunt’s Bank.

Setelah penutupan sementara tersebut, pra sarana ini kemudian menjadi stasiun barang dan menghentikan operasi pengangkutan penumpang untuk seterusnya. Meski begitu, untuk mengangkut penumpang digantikan sementara oleh stasiun kereta api ManchesterVictoria untuk mengangkut pnumpang.

Meski tak lagi beroperasi, kini Stasiun Mancherster Liverpool Road menjadi bagian dari Museum Sains dan Industri di Manchester. Hal ini membuat para pelancong yang ingin melihat stasiun tertua tersebut bisa langsung masuk ke museum.

Pada masa pengangkutan penumpang, kereta memiliki kelas satu dan dua di mana setiap kelas memiliki ruang pemesanan dan ruang tunggu sendiri. Dikarenakan stasiun cukup jauh dari pusat kota Manchester, penumpang banyak yang membeli tiket tulisan tangan dari agen di penginapan atau hotel.

Nanti, seorang petugas di aula pemesanan menukar tiket dengan counterfoil yang mirip dengan boarding pas maskapai modern. Tak hanya itu bisa membuat waybill dari informasi tiket untuk penjaga kereta. Sebelum penutupan pada 4 Mei 1844, bangunan stasiun diperpanjang pada tahun 1831 dengan pembangunan gerbong kereta dua jalan sederhana di atas berbagai rangan di sepanjang jalan Liverpool.

Untuk diketahui ketika pelancong datang di tanggal tertentu bisa naik kereta yang ada di dasar museum. Kereta yang digunakan adalah kereta lokomotif uap yang masih bisa beroperasi. Ketika masuk lebih dalam ke museum, pengunjung bisa melihat ‘Planet’ yang merupakan replika kereta lokomotif yang dibuat pada 1992, sedangkan lokomotif yang asli dibuat pada tahun 1830, dan menjadi kereta yang mengantarkan penumpang dari Liverpool dan Manchester.

Selain itu, pengunjung juga bisa melihat Agecroft No 1. Ini adalah tanki 0-4-0 (saddle tank) yang dibuat pada tahun 1948. Agecroft No 1 digunakan di Power Station Agecroft dan kemudian kembali digunakan pada tahun 2011. Museum Sains dan Industri ini buka setiap hari mulai pukul 10.00-17.00 waktu setempat.

Baca juga:

Namun, museum ini tutup pada tanggal 24-26 Desember dan 1 Januari. Untuk masuk ke museum ini, tidak dipungut biaya bagi setiap pelancong yang datang. Namun, Anda diharapkan mau menyumbang sebesar tiga Poundsterling atau sekitar Rp57 ribu per orang.

Leave a Reply