Stasiun Da Lat dengan Desain Antik Perancis, Andalan Wisata Kereta Vietnam

0
Stasiun Da Lat Vietnam (wikipedia)

Vietnam memiliki stasiun kereta api yang menjadi incaran para pelancong. Ini karena stasiun tersebut adalah stasiun kereta api kuno di Vietnam dan memiliki arsitektur jalur kereta api langka di dunia. Stasiun yang bernama Da Lat ini dirancang tahun 1932 silam dan selesai enam tahun kemudian.

Baca juga: Hua Hin, Stasiun Tertua di Thailand dan Punya Bangunan Unik

KabarPenumpang.com merangkum dari berbagai laman sumber, Stasiun Da Lat menurut banyak orang memiliki arsitektur bergaya dengan tiga puncak Gunung Langbiang atau unsur-unsur rumah komunal asli Cao Nguyen dari Dataran Tinggi Tengah Vietnam. Memiliki tiga atap piramidal mengingatkan pada Stasiun Trouville-Deauville di Normandia.

kereta api di Stasiun Da Lat (asiaopentaurs.com)

Di bawah setiap atap adalah jendela kaca warna-warni, dan di bawah atap pusat adalah jam besar, yang baru saja dipulihkan. Stasiun Da Lat memiliki panjang 66,5 meter dengan tinggi 11,4 meter dan lebar 11 meter.

Stasiun ini dirancang oleh arsitek Prancis Moncet dan Reveron dengan atap tinggi serta menampilkan kubah melengkung dari stasiun di selatan negara itu. Hal tersebut kemudian membuat Stasiun Da Lat dikenal dengan stasiun kuno dan indah di Asia Tenggara yang masih dilestarikan dari Perang Vietnam dengan arsitektur khusus kuno Perancis yang terkait dengan tahap sejarah signifikan Vietnam.

Dalam aula utama, furnitur seperti meja, kursi, konter tiket sampai saat ini masih tetap memiliki desain yang sama selama beberapa dekade. Sehingga menampilkan realitas stasiun di masa lalu termasuk bola lampu yang masih tersimpan dan membuat ruang lebih klasik.

Selain itu lukisan-lukisan digantung dibagian yang juga meninggalkan rasa di hati para pelancong karena sangat terkesan pada masa lalu stasiun. Di dalam stasiun, atap yang ditinggikan menciptakan langit-langit yang terangkat.

Di bagian depan stasiun terdapat Porte-cochère, atau gerbang pelatih, yang masing-masing didukung oleh dua baris kolom. Desain stasiun yang unik membuatnya diakui sebagai monumen bersejarah nasional pada tahun 2001.

Baca juga: Kennington, Stasiun Bawah Tanah Unik dengan Fasilitas “U-Turn”

Meski begitu stasiun ini tak lagi beroperasi untuk umum tetapi masih melayani para pelancong. Untuk diketahui, pada bulan Desember 2009, empat gerbong kereta yang dipugar agar terlihat seperti gerbong kereta yang digunakan pada jalur Da Lat-Thap Cham pada tahun 1930-an mulai digunakan pada kereta api wisata Da Lat-Trai Mat, membawa papan bertuliskan “Dalat Plateau Rail Road”.

Leave a Reply