Manjakan Mata Penumpang, LG Display Luncurkan Teknologi OLED di Kabin Pesawat

0
LG akan memulai debut layar OLED baru yang dirancang untuk pesawat di CES 2020 di Las Vegas. Foto: LG Display

Hiburan dalam penerbangan atau In Flight Entertainment (IFE) seiring berjalannya waktu semakin menakjubkan. Dahulu, di setiap penerbangan, pemandangan dari udara dianggap sudah lebih dari cukup.

Baca juga: Singapore AirShow 2018: Garuda Indonesia Gandeng Thales Hadirkan In Flight Entertainment

Dari sana, maskapai bertransformasi dan menyajikan layar overhead di kabin (beberapa maskapai hingga kini masih memilikinya). Kemudian, layar seatback berdasarkan permintaan pribadi pun muncul dan dalam sedikit kasus, beberapa maskapai kini mulai menghilangkan entertainment seatback tersebut.

Sebagai gantinya, teknologi terbaru menawarkan berbagai maskapai lebih banyak pilihan untuk menghadirkan IFE yang lebih berkesan. Salah satunya OLED atau Organic- Light Emitting Diode (OLED).

Raksasa teknologi asal Korea Selatan, LG (melalui anak perusahannya, LG Display), baru-baru ini meluncurkan produk hiburan yang dirancang untuk digunakan di dalam pesawat. Layar OLED ini nantinya menawarkan jenis hiburan dalam pesawat yang benar-benar berbeda dari yang biasa dilakukan maskapai di dalam pesawat.

Seperti dikutip dari laman simpleflying.com, Rabu (22/1), jelang Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, perusahaan yang berbasis di Seoul tersebut, mengumumkan bahwa mereka akan memperkenalkan display OLED baru yang dirancang untuk digunakan dalam berbagai pengaturan – termasuk di pesawat terbang. Pajangan OLED 55 inchi yang dipasang di dalam dinding pesawat dirancang untuk memberi kabin perasaan lebih terbuka.

Selain itu, LG Display juga meluncurkan layar OLED Ditekuk 65 inchi yang menyesuaikan dengan lengkungan pada pesawat atau keinginan penumpang. Meskipun konsep terlihat biasa, LG Display mengklaim bahwa teknologi tersebut sebagai salah satu cara untuk “meningkatkan pengalaman Kelas Satu”.

Baca juga: Duh! Pesan Berbau Pelecehan Seksual Diterima Penumpang Lewat In-Flight Entertainment

Disebut meningkatkan pengalaman kelas satu, selain bisa membuat sisi kanan atau kiri pesawat menjadi transparan dan dapat melihat pemandangan di luar pesawat dengan lebih luas, OLED juga bisa membuat seluruh isi kabin menjadi penuh dengan hiburan atau IFE. Entah OLED diletakan di atas (langit-langit kabin), di bawah, ataupun di seatback, semuanya akan menyajikan pengalaman baru yang lebih menyenangkan. Khususnya saat lampu utama kabin dimatikan.

Teranyar, LG Display rupanya juga meluncurkan layar OLED transparan. Tampilan ini tidak sepenuhnya transparan, melainkan hanya memungkinkan transparansi 40 persen. Teknologi ini dimungkinkan untuk membuat partisi yang rapi antara kursi atau kabin. Namun, jika penumpang menginginkan privasi lebih, maka mereka dapat mematikan fitur transparansi. Sangat simpel, bukan?