Marak Penipuan ‘Bagi-Bagi’ Tiket Gratis, Singapore Airlines Himbau Pelanggan Lebih Waspada

Singapore Airlines

Siapa bilang penipuan yang membawa-bawa perusahaan besar hanya ada di Indonesia saja? Ternyata negara tetangga juga pernah mengalami hal yang hampir serupa. Ya, diberitakan bahwa ada penipuan yang mengatasnamakan flag carrier Singapore Airlines beberapa waktu yang lalu. Menanggapi hal ini, pihak maskapai memperingatkan para pelanggan agar lebih berhati-hati dan tidak menjadi korban penipuan yang mengiming-imingi tiket pesawat gratis ini.

Baca Juga: Jaga Kesehatan Penumpang di Penerbangan Jarak Jauh, Singapore Airlines Gandeng Canyon Ranch

Sebagaimana yang dilansir KabarPenumpang.com dari laman channelnewsasia.com (13/1/2019), pihak maskapai berkode SIA ini mengumumkan dalam laman media sosial Facebook resminya bahwa mereka telah menindaklanjuti aksi penipuan yang mengatasnamakan perusahaan ini.

“Kami telah melaporkan situs tersebut dan memintanya untuk dihapus. Kami juga menyarankan kepada setiap pelanggan Singapore Airlines untuk lebih berhati-hati ketika memberikan identitas pribadi kepada sumber yang tidak terverivikasi,” tulisnya.

Untuk diketahui, penipuan berkedok pembagian tiket gratis via situs web ini meminta para pesertanya untuk melampirkan data pribadi mereka sebagai syarat.

“Setiap situs web, email, atau panggilan yang masuk ke nomor anda harus diverivikasi terlebih dahulu jika Anda ragu. Silakan laporkan detail tindak penipuan yang mengatasnamakan Singapore Airlines di platform media sosial kami atau melalui tautan ini http://singaporeair.com/en_UK/feedback-enquiry/,” imbuh perusahaan.

Selain itu, maskapai yang merupakan anggota dari aliansi penerbangan Star Alliance ini juga mengingatkan kepada seluruh pengguna media sosial dan situs web phishing (aktivitas menipu pemegang akun online dari informasi keuangan dengan menyamar sebagai perusahaan yang sah) yang memiliki kesamaan dengan laman resmi dari Singapore Airlines.

Baca Juga: Tambah Rute Penerbangan Berjadwal, Singapore Airlines Resmi Terbangkan A350-900 Ke Jakarta

Jika dirunut ke belakang, penipuan yang mengatasnamakan Singapore Airlines dan sama-sama meminta data pribadi pelanggan bukanlah kali pertama yang terjadi. Pada tahun 2017 silam, penipuan hampir serupa juga pernah menimpa maskapai yang merupakan anak perusahaan dari Tamasek Holdings ini – meskipun medianya berbeda.

Penipuan via Whatsapp yang mengatasnamakan Singapore Airlines. Sumber: channelneasia.com

Kala itu, beredar pesan berantai di WhatsApp yang mengatakan bahwa Singapore Airlines membagikan sejumlah tiket First Class secara cuma-cuma. Menurut sang penipu, pembagian tiket gratis ini dilatarbelakangi oleh perusahaan yang baru saja berulang tahun yang ke-70. Adapun modus yang digunakan oleh penipu ini adalah mereka berpura-pura menjadi karyawan Singapore Airlines dan menelepon hingga mengirim email kepada para korban agar mereka informasi pribadinya.