Masa Karantina Berakhir, Penumpang Kapal Pesiar Diamond Princess Mulai Turun

0
Foto: TaiwanNews.com

Setelah melewati 14 hari masa karantina atas wabah virus corona, akhirnya 3.700 penumpang dan awak kapal pesiar Diamond Princess hari ini (19/2/2020) secara bertahap mulai diturunkan dari kapal yang sejak 3 Februari lalu sandar di Pelabuhan Yokohama, Jepang. Ribuan penumpang kapal pesiar ini harus dikarantina akibat adanya penumpang asal Cina yang terkena virus corona.

Baca juga: Jepang Karantina Kapal Pesiar Diamond Princess Gara-gara Satu Penumpang Terinveksi Virus Corona

Dikutip dari bbc.com (19/2/2020), sebanyak 543 penumpang dan awak Diamond Princess dinyatakan telah terinfeksi virus corona dan menjadikan kapal tersebut sebagai lokasi ‘cluster’ terbesar kedua virus corona setelah Cina Daratan. Kebanyakan penumpang menyebut masa karantina di kapal adalah hal yang sangat sulit dilewati.

Dengan berkembangnya jumlah orang yang terinfeksi corona, mendorong beberapa negara untuk melakukan evakuasi warganya dari kapal pesiar tersebut. Seperti AS pada hari Minggu lalu mengeluarkan ratusan warganya dari Diamond Princess dan menempatkan mereka di fasilitas karantina lain. Inggris mengatakan pihaknya berharap untuk menerbangkan 74 warga negaranya dari Diamond Princess pada akhir pekan ini.

Awal mula penyebaran virus corona di Diamond Princess setelah seorang pria yang turun di Hong Kong dikonfirmasi mengidap virus corona. Penumpang tersebut awalnya diisolasi di kabin mereka, tapi kemudian diizinkan untuk keluar secara sporadis di geladak. Meskipun langkah-langkah karantina telah dijalankan, tapi hari demi hari jumlah orang yang terinfeksi bertambah pesat. Angka terbaru menunjukkan bahwa setidaknya 542 penumpang telah dinyatakan positif dan telah dibawa ke rumah sakit terdekat.

Dari 542 orang yang positif corona di Diamond Princess, diketahui sebanyak tiga dari 78 WNI yang menjadi kru kapal dinyatakan positif virus corona. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengatakan dua WNI telah dibawa ke rumah sakit di Kota Chiba, Jepang, sementara satu WNI lainnya dibawa ke rumah sakit yang belum diketahui lokasinya. Lebih dari 1.000 kru kapal yang melakukan kontak dekat dengan orang yang terinfeksi virus telah dipindahkan ke ruangan dengan fasilitas medis. Sementara awak kapal yang sehat akan menjalani masa karantina selama 14 hari setelah penumpang terakhir meninggalkan kapal.

Baca juga: Terjebak Karantina Virus Corona di Kapal Pesiar, Pasangan ini Pesan Anggur via Drone

Otoritas Jepang mengatakan proses penurunan penumpang bisa mencapai hingga tiga hari, karena mengevakuasi sekitar 2.000 ribu penumpang lainnya tidak mudah.

Leave a Reply