Masih Bingung Bedakan Boeing 737 dan Airbus A320? Simak Ini

Boeing 737 dan Airbus A320

Boleh dikata saat ini tumpuan layanan penerbangan domestik dan regional di banyak negara, termasuk Indonesia akan mengerucut pada dua keluarga pesawat kelas narrow body, tak lain Boeing 737 dan Airbus A320. Mungkinsebagian orang tak peduli dengan apa beda diantara kedua jenis pesawat tersebut, tapi sebagian lain cukup antusias untuk mengenali jenis pesawat yang ingin ditumpangi.

Baca juga: Ada di Jepang, Kamar Hotel dengan Simulator Kokpit Boeing 737-800!

Beberapa yang belum paham akan karakter pesawat, dapat melihat tipe pesawat yang mereka tumpangi melalui label tulisan di bodi pesawat. Namun yang lainnya dan sudah paham tentang perbedaan pesawat tahu dari berbagai bentuk luar dan dalamnya.

Kali ini KabarPenumpang.com yang merangkum dari laman simpleflying.com (27/7/2019), akan menjelaskan perbedaan antara Boeing 737 dengan Airbus A320. Nah, apa saja sih perbedaannya?

Kapasitas penumpang
Airbus A320 memiliki kapasitas 135-236 penumpang sekali angkut tergantung modelnya. Sedangkan Boeing 737 mampu menampung dan mengangkut dengan kapasitas 108-177 penumpang.

Bentuk hidung
Menarik ketika membahas tentang hidung, seperti manusia memiliki hidung mancung atau pesek, ternyata Airbus A320 dan Boeing 737 juga bisa dibedakan melalui hidung mereka. Airbus A320 berbentuk bulat dan Boeing 737 berbentuk runcing.

Jendela kokpit
Jendela pada kokpit Boeing 737 lebih sudut dengan potongan ke bawah tepat setelah hidung. Sedangkan Airbus A320 lebih membulat.

Melihat dari gerbang keberangkatan
Penumpang yang berada di gerbang keberangkatan biasanya melihat setiap pesawat bentuk bodi dan hidungnya terlihat mirip bahkan sulit untuk dibedakan. Jika Anda penumpang yang memiliki mata tajam, Airbus A320 memiliki ground clearance dan mesin bulat yang lebih tinggi. Sedangkan Boeing 737 mesin lebih rendah dan tidak bulat sempurna bentuknya.

Di dalam kabin
Di kelas ekonomi, kedua pesawat dilengkapi dalam konfigurasi 3-3. Kecuali Anda memeriksa dengan cermat kartu pengaman atau mencari penanda Boeing Sky Interior, tidaklah mudah untuk mengetahui pesawat mana yang Anda gunakan dengan konfigurasi tempat duduk. Ketika datang ke kelas bisnis, konfigurasi tergantung pada maskapai. Sebagian besar operator di luar Eropa mengoperasikan kelas bisnis sebagai kabin terpisah dengan kursi berbeda. Ini biasanya dalam konfigurasi 2-2. Namun, di Eropa, konfigurasi 3-3 tetap dipertahankan tetapi kursi tengah diblokir untuk tujuan kenyamanan.

Baca juga: Makin Strong! Batik Air Terima Kedatangan Airbus A320-200CEO Ke-44

Keseluruhan
Saat Anda memesan penerbangan, jenis pesawat biasanya ditunjukkan saat pemesanan. Meskipun pertukaran pesawat menit terakhir dapat terjadi, Anda lebih cenderung tidak tetap berada di pesawat yang sama seperti yang ditunjukkan selama pemesanan. Selain itu, tidak semua maskapai mengoperasikan keluarga pesawat Boeing 737 dan Airbus A320.