Mau Jadi ‘Airport of The Future,’ PT Angkasa Pura II Hadirkan Berbagai Teknologi

0
Aplikasi travelin

Banyak negara yang mulai mengubah konsep bandara mereka dan menghadirkan berbagai hal seperti teknologi tinggi dan lainnya. Hal ini juga dilakukan di Indonesia di mana PT Angkasa Pura II atau AP II menjadikan bandara-bandaranya untuk menjadi Airport of The Future.

Baca juga: PT Angkasa Pura II Mudahkan Parkir Inap dengan Aplikasi “Parkir Inap Angkasa Pura II”

Di mana AP II mulai melakukan sejumlah persiapan salah satunya dengan pemilihan konsep yang dianggap tepat karena bandara dapat menciptakan efisiensi dan meningkatkan standar pelayanan. Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan, bahwa pihaknya telah menjalankan sejumlah inisiatif untuk mengadopsi Airport of The Future.

“Pembangunan Airport Operation Control Center (AOCC) dan penerapan Airport Collaborative Decision Making (A-CDM) di Bandara Internasional Soekarno-Hatta sebagai wadah kolaborasi seluruh stakeholder,” ujar Awaluddin.

Dia menambahkan, AP II mempertajam penetrasi Airport of The Future pada aspek pelayanan dengan mempersiapkan aplikasi mobile travelin milik perseroan yang sudah bisa diunduh di App Store dari iOS dan Play Store dari Android. Awaluddin menambahkan aplikasi ini untuk menjadi super app di sektor kebandarudaraan dan pariwisata.

“Pengembangan layanan di bandara AP II sudah memasuki area digital dan saat ini perseroan tengah mempertajam penetrasi di aspek ini menjadikan aplikasi travelin menjadi super app, dan ini menjadi solusi bagi penumpang pesawat untuk mendapatkan berbagai pelayanan dan kebutuhan di bandara AP II. Super app travelin akan menjadi suatu State of The Art Technology bagi AP II di bidang pelayanan bandara,” jelasnya.

Dia mengatakan, ini menjadi suatu single platform dengan multi-content dan multi-application yang digunakan oleh multi-user. Super app travelin menjadi solusi bagi penumpang pesawat untuk mendapatkan berbagai pelayanan dan kebutuhan di bandara AP II. Super app travelin menjadi game changer untuk aspek pelayanan kebandarudaraan termasuk di tengah pandemi Covid-19 ini, untuk mewujudkan seamless journey experience, dan sangat kami harapkan dapat berkontribusi maksimal pada pertumbuhan sektor penerbangan dan pariwisata.

Dijelaskan oleh Awaluddin bahwa super app travelin beserta fitur-fiturnya berjalan di smartphone atau gadget dengan didukung Airport ID atau Customer Data Management Platform AP II sebagai Enterprise Big Data, yang mengkolaborasikan ekosistem Travel, Tourism, Transportation [3T], guna menganalisis profil dari setiap pengguna sehingga kebutuhan dan keperluan dapat diketahui dengan cepat.

Baca juga: Hadapi Pertumbuhan Penumpang, Angkasa Pura II Akan Bangun Bandara “Greenfield” di Jakarta

“Melalui Airport ID sebagai Enterprise Big Data, AP II dapat mewujudkan prinsip Know Your Customer (KYC) dan mewujudkan Seamless Journey Experience. AP II juga bisa beroperasi dengan lebih ringkas karena adanya big data dapat mengoptimalkan sumber daya,” jelasnya.

LEAVE A REPLY