Mau Mudik? Anda Bisa Gunakan BPJS Kesehatan di Kampung Halaman

Musim mudik telah tiba, selain mempersiapkan transportasi dan pernak-pernik liburan di kampung halaman, ada satu hal yang tidak boleh dilupakan. Untuk urusan kesehatan, selain pemudik wajib menjaga kebugaran fisik, ada baiknya juga jangan lupa membawa kartu BPJS Kesehatan.

Baca juga: GoJek Kalah Saing, Grab Maju Selangkah Hadirkan Fitur Asuransi

Dikutip dari Kompas.com, Badan Penyelanggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menjamin semua anggotanya yang masih aktif dan rutin membayar iuran kesehatan bisa mengakses layanan secara gratis di daerah tujuan mudik, meskipun tidak terdaftar di sana. “Layanan ini (berlaku) H-7 dan H+7,” ujar Kepala Humas BPJS Kesehatan Muhammad Iqbal Anas Ma’ruf.

Dari keterangan tersebut, dapat dipahami kebijakan ini mulai bisa diterapkan sejak 29 Mei-13 Juni 2019. Masyarakat bisa mengakses layanan kesehatan di fasilitas kesehatan tingkat pertama (FKTP) yang telah ditunjuk BPJS Kesehatan. Untuk daftar FKTP dapat dilihat di aplikasi Mudik BPJS Kesehatan atau dengan menghubungi BPJS Kesehatan Care Center 1500 400.

Bila di daerah tempat mudik tidak terdapat FKTP, atau ingin dilayani di luar jam kerja FKTP (jika tidak 24 jam), maka peserta layanan BPJS Kesehatan dapat menuju rumah sakit terdekat untuk mendapatkan pelayanan medis dasar di IGD.

“Selama peserta JKN-KIS mengikuti prosedur dan ketentuan yang berlaku, serta tindakan medis yang diperolehnya berdasarkan indikasi medis, maka akan dijamin dan dilayani. Fasilitas kesehatan juga tidak diperkenankan menarik iur biaya dari peserta,” ucap Iqbal.

Baca juga: Lebih Komprehensif, Alianz dan Garuda Indonesia Perluas Manfaat Asuransi Perjalanan

Selain itu, bagi para pemudik peserta BPJS Kesehatan yang mengalami kondisi gawat darurat selama di perjalanan, yang berarti tidak lagi di daerah asal dan belum tiba di daerah tujuan, tetap dapat mendatangi faskes terdekat dan menggunakan kartunya. Semua pelayanan ini menjadi wujud komitmen BPJS Kesehatan untuk memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi para pesertanya yang sedang dalam kondisi bergerak atau mobile.