Mau Naik Bus Tingkat AKAP? Inilah Posisi Tempat Duduk yang Nyaman

0
Bus double decker milik PO Agra Mas

Bus antar kota antar provinsi (AKAP) menjadi salah satu transportasi yang kini kembali naik daun setelah naiknya tarif tiket pesawat. Ini menjadikannya sejajar dengan kereta api sebagai primadona bagi kalangan masyarakat ekonomi menengah karena memiliki tarif yang cukup terjangkau.

Baca juga: Sering Naik Kereta Api? Ini Dia Posisi yang Paling Aman Bagi Penumpang

Baru-baru ini, setelah tol Trans Jawa diresmikan Presiden Indonesia Joko Widodo Desember 2018 kemarin, bus AKAP juga berlomba untuk memberikan layanan terbaik mereka. Kehadiran tol Trans Jawa sendiri mampu menaikkan pamor bus AKAP tersebut.

Bahkan beberapa perusahaan otobus (PO) menghadirkan double decker atau bus tingkat. Meski masih belum banyak, tetapi kehadiran bus double decker sendiri menarik minat penumpang untuk menjajalnya menuju berbagai kota di Pulau Jawa.

Bagi pengguna bus tingkat ada beberapa hal yang mesti diketahui, biasanya bus bagian atas merupakan kelas AC eksekutif biasa dan bagian bawah merupakan kelas super eksekutif atau VVIP serta tarifnya lebih mahal. Namun, bagi Anda yang ingin mencoba sensasi bagian atas, KabarPenumpang.com sudah merangkum beberapa spot atau kursi yang nyaman sesuai keinginan penumpang.

1. Kursi depan
Ini pilihan yang cocok bagi penumpang yang menyukai pemandangan sepanjang perjalanan. Apalagi berada di atas sepertinya semua sudut jalanan bisa terlihat dari kursi bagian depan ini.

2. Kursi lorong
Menikmati perjalanan dan duduk di dekat lorong salah satu pilihan yang cocok bagi penumpang yang sering mondar-mandir seperti ke toilet. Sebab, selain memudahkan juga tidak mengganggu penumpang lainnya yang berada dekat lorong.

Bagian kabin bus double decker Agra Mas kelas Super Eksekutif (Kompas)

3. Kursi belakang
Bila kenyamanan dan istirahat tanpa gangguan adalah pilihan Anda, maka kursi bagian belakang ini sangat cocok. Meski sedikit berisik karena tak jauh dari mesin, tetapi untuk perjalanan jauh posisi kursi ini lebih dari kata nyaman.

4. Sejajar layar televisi
Biasanya bus AKAP hampir sama dengan bus pariwisata yang memberikan fasilitas hiburan televisi. Kursi di antara lorong biasanya di barisan 5-6 cocok untuk menjadi pilihan penumpang yang senang menonton hiburan dari fasilitas yang disediakan.

Baca juga: Duduk di Kursi Belakang Bus Lebih Cepat Mabuk, Ini Dia Penyebabnya!

5. Kursi bawah
Meski tarifnya berbeda dari kursi di atas, kursi di bagian bawah juga tak kalah menarik untuk dinikmati dalam perjalanan tersebut. fasilitas premium biasanya disediakan bagi Anda yang duduk di kursi bawah. Pilihannya bila duduk di kursi bawah dan sering mabuk perjalanan pilih yang jauh dari roda karena untuk mengurangi guncangan.

Leave a Reply