Mau Naik Kereta Bawah Tanah? Ternyata Ada Etikanya

0
subway di new york. sumber: cdn.zmescience.com

Pada Maret 2019, rencananya warga DKI Jakarta sudah dapat menikmati layanan MRT (Mass Rapid Transit) di Jakarta. Itu artinya untuk pertama kali dalam sejarah 72 tahun Republik ini, ada kereta bawah tanah untuk melayani penumpang secara komuter. Sebagai angkutan yang bakal happening, animo masyarakat dipecaya akan sangat besar pada MRT, terlebih bila nanti tarif yang dikenakan terbilang kompetitif dan pas dengan kocek kebanyakan warga.

Baca juga: Jadi Ajang Kampanye Produk, Pegangan Tangan di Angkutan Umum Dibuat Unik

Sebagai negara di Asia Tenggara yang baru akan memulai menggunakan kereta bawah tanah, ada etika yang harus dijaga oleh para pengguna jasa. Etika yang ada pun pastinya akan berbeda negara yang satu dengan yang lain. KabarPenumpang.com merangkum dari gentlemansgazette.com (4/8/2017), ada beberapa etika khusus untuk pengguna jasa kereta bawah tanah yang bisa dicontoh oleh warga Jakarta nantinya.

1. Punya tiket yang bisa langsung digunakan
Sebelum masuk ke gerbang tiket, Anda harus memiliki tiket sebelumnya. Bila Anda membeli di mesin tiket dan tidak mengerti, berpindah dan jangan sungkan untuk bertanya pada petugas agar tidak salah. Anda juga bisa bertanya pada petugas tentang rute yang akan Anda tuju sebelum salah membeli tiket. Untuk MRT Jakarta nantinya mestinya tidak akan ada kesulitan ini, mengingat tidak ada interchange station, karena tahap pertama MRT Jakarta baru melayani rute Lebak Bulus – Bunderan HI.

2. Berada di sebelah kanan saat di eskalator
Untuk menunggu baiknya ada di sebelah kanan saat berada di eskalator stasiun bawah tanah. Karena bila berada di sebelah kiri, justru akan membuat Anda kesusahan dan mengganggu akses orang lain yang terburu- buru dan bisa dianggap menghalangi jalan mereka.

3. Berada di baris sesuai keberangkatan kereta
Pastikan Anda berada di baris yang tepat untuk menunggu kereta bawah tanah Anda.

4. Tunggu sebelum masuk kereta bawah tanah
Di banyak kota besar dunia, ada jutaan penumpang yang mencoba masuk ke kereta bawah tanah sebelum penumpang yang dari dalam akan turun. Anda baiknya tunggu sampai penumpang dari dalam kereta turun baru naik ke kereta. Sebab, bila Anda memaksa bukannya aman bisa-bisa malah terjatuh dan tegeser jauh dari pintu.

5. Saling mendorong
Kejadian ini banyak terjadi di kereta bawah tanah, contohnya Jepang yang memiliki pengguna kereta bawah tanah sampai tidak bisa masuk dan akhirnya petugas mendorong penumpang yang padat tersebut agar pintu bisa tertutup.

6. Biarkan pintu tertutup
Jangan pernah menahan pintu kereta untuk menunggu orang yang sedang berlari menuju kereta. Jika Anda sempat melakukan hal tersebut, ini akan mengganggu dan menunda keberangkatan kereta Anda dan kereta berikutnya.

7. Gunakan tempat duduk sesuai fungsinya
Tempat duduk sebelah Anda adalah hak orang lain. Jangan letakkan tas Anda untuk menghalangi orang lain untuk duduk.

8. Pertimbangkan orang lain
Saat Anda duduk, ternyata ada orangtua, anak kecil ataupun penyandang disabilitas. Baiknya Anda berikan tempat duduk, tawarkan dengan Anda berdiri dan mengisyaratkan agar mereka bisa duduk di tempat Anda.

Baca juga: Inilah 10 Kereta Bawah Tanah Paling Keren di Dunia!

9. Jangan buang sampah sembarangan dan jaga bau badan
Sebagai seorang penumpang, baiknya jangan pernah meninggalkan apapun di kereta biak itu sampah dan bekas makanan, koran atau hal lainnya. Bila Anda tahu bahwa bau badan, gunakan deodorant sebelum naik kereta.

10. Bicara dengan volume lebih kecil
Saat menggunakan headphone, kecilkan suaranya jangan sampai orang lain mendengarnya. Sebab, bisa saja orang yang mendengar terganggu dengan suara tersebut. Bila Anda mengangkat telepon di dalam kereta, baiknya Anda juga mengecilkan suara agar tidak di cap sebagai penumpang yang tidak tahu sopan santun.

11. Tidak tidur
Biasanya, akibat perjalanan jauh atau kelelahan, banyak penumpang yang tertidur dalam kereta. Jangan juga menjadikan kereta bawah tanah ini bukanlah rumah tetapi alat transportasi massal yang digunakan banyak orang. Untuk kasus MRT Jakarta, jarak antara Stasiun Lebak Bulus hingga Bunderan HI hanya memakan waktu sekitar 30 menit.

12. Jangan merokok
Ini larangan paling besar bagi Anda perokok. Sebab, kereta yang menjadi transportasi umum adalah tempat yang bersih dan bebas asap rokok.

Leave a Reply